Berita

Soal TWK Pegawai KPK RI, Menpan RB Tjahjo Mengaku Pihaknya Tak Terlibat

Kamis, 06 Mei 2021 - 20:37
Soal TWK Pegawai KPK RI, Menpan RB Tjahjo Mengaku Pihaknya Tak Terlibat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo. (FOTO: ANTARA)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB RI) Tjahjo Kumolo mengaku, pihaknya sama sekali tak terlibat dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) terhadap pegawai KPK RI.

Diketahui, tes itu adalah bagian proses alih status pegawai lembaga antirasua menjadi ASN. Kata dia, agenda TWK merupakan kewenangan pimpinan KPK.

“Kemenpan RB tidak ikut dalam proses tes pegawai KPK terkait wawasan kebangsaan. Sebagaimana peraturan Komisioner KPK, hal ini kewenangan pimpinan KPK,” kata Tjahjo dalam keterangannya.

“Keputusan dari tim wawancara tes, hasil diserahkan KPK, pimpinan KPK, ya sudah selesai. Kok dikembalikan ke Kemenpan RB? Dasar haknya apa? Ini kan internal rumah tangga KPK,” katanya lagi.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal KPK RI, Cahya Harefa menyampaikan, ada 75 pegawai yang dinyatakan tidak memenuhi syarat saat mengikuti TWK. Namun ia menegaskan, mereka tak diberhentikan dari KPK.

Saat ini kata dia, pihak menunggu penjelasan dan tindak lanjut mengenai hasil tes dari pihak Kemenpan RB serta Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Selama belum ada penjelasan lebih lanjut dari Kemenpan RB dan BKN RI, KPK tidak akan memberhentikan 75 pegawai yang dinyatakan TMS," kata Cahya.

Cahya menegaskan, hingga saat ini KPK tidak memecat para pegawai yang dinyatakan tak lolos dari asesmen tersebut. Selain itu, KPK akan menerbitkan surat keputusan penetapan hasil asesmen tes wawasan kebangsaan untuk disampaikan ke pegawai yang memenuhi syarat maupun yang tidak.

Kemudian, KPK RI juga akan berkoordinasi dengan Kemenpan RB dan BKN terkait tindak lanjut terhadap 75 pegawai KPK yang dinyatakan tak lulus itu. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.