Berita

Resmikan Rusun Pasar Rumput, Presiden RI Jokowi: Ini Istimewa

Senin, 20 September 2021 - 13:14
Resmikan Rusun Pasar Rumput, Presiden RI Jokowi: Ini Istimewa Presiden Widodo saat meresmikan Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput beserta kios pasar dan fasilitas penunjang lainnya yang berlokasi di Rusun Pasar Rumput, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. (FOTO: BPMI)

TIMES JAKARTA, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) meresmikan Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput beserta kios pasar dan fasilitas penunjang lainnya yang berlokasi di Rusun Pasar Rumput, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

"Rumah Susun Pasar Rumput yang dilengkapi dengan kios pasar, fasilitas umum, dan fasilitas sosial dan parkiran yang dibangun sejak tahun 2016, hari ini sudah selesai dan siap untuk difungsikan,” katanya, Senin (20/9/2021).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan, Rusun Pasar Rumput yang dibangun dengan anggaran sebesar Rp970 miliar ini memiliki keistimewaan karena mengusung konsep mixed-use development, yaitu sebuah kawasan terintegrasi yang terdiri dari tempat tinggal, pusat perbelanjaan, serta fasilitas penunjang lainnya.

Presiden Widodo b

Selain kapasitas hunian sebanyak 1.984 unit hunian tipe 36 yang ada di lantai 4-25, rusun ini juga dilengkapi dengan pasar dengan  967 kios dan los 350 di lantai 1-2 serta fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) yang lengkap.

“Keberadaan pasar dengan fasos dan fasum yang lengkap ini, memberikan kemudahan bagi para penghuni untuk melakukan aktivitas ekonomi, seperti berdagang dan menjalankan kegiatan ekonomi lainnya,” ujarnya.

Keistimewaan lain dari rusun ini, imbuh Presiden, adalah adanya dukungan jalur transportasi umum yang sangat baik sehingga memudahkan mobilitas penghuni.

“Rusun Pasar Rumput ini juga istimewa karena juga didukung oleh jalur transportasi yang sangat baik, terintegrasi dengan busway dan interkoneksi timur selatan menuju Dukuh Atas, memudahkan penggunanya untuk melakukan mobilitas,” ujarnya.

Presiden Widodo c

Mantan Wali Kota Solo itu mengharapkan, keberadaan infrastruktur ini dapat meringankan beban masyarakat, melalui penyediaan hunian yang nyaman dan terjangkau, serta membantu fasilitasi kegiatan produktif masyarakat.

Kepala Negara menambahkan, hunian ini juga akan dapat digunakan untuk menampung masyarakat dari sisi Sungai Ciliwung yang terdampak program normalisasi sungai bagi penanganan banjir.

“Saya berharap dengan beroperasinya Rusun Pasar Rumput ini bisa membantu saudara-saudara kita untuk memiliki hunian yang layak dan nyaman dengan lokasi strategis untuk melakukan kegiatan ekonomi,” ujar Presiden RI Jokowi. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.