Berita

Wapres RI: Dunia Internasional Akui Keberhasilan Indonesia Rawat Perbedaan

Selasa, 25 Januari 2022 - 20:06
Wapres RI: Dunia Internasional Akui Keberhasilan Indonesia Rawat Perbedaan Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Setwapres)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres RI) KH Ma'ruf Amin mengatakan dunia internasional mengakui keberhasilan Indonesia dalam mengelola perbedaan di tengah masyarakat yang beragam.

Demikian disampaikan Wapres dalam seminar internasional bertajuk 'Membangun Kerja Sama Internasional untuk Menguatkan Komitmen dan Praktik Islam Rahmatan Lil’alamin di Dunia' melalui konferensi video dari Jakarta, Selasa (25/1/2022).

"Saya bersyukur karena Indonesia telah diakui keberhasilannya dalam mengelola perbedaan," ucap Wapres.

Indonesia, kata Wapres, telah menjadi contoh untuk berbagai pengalaman terkait dengan toleransi dan kerukunan antarumat beragama. Hal ini menciptakan stabilitas dalam kehidupan masyarakat yang majemuk.

"Indonesia telah diminta berbagi pengalaman tentang toleransi antarumat beragama, yang menjadi faktor terciptanya perdamaian dan stabilitas dalam kehidupan masyarakat yang sangat beragam latar belakangnya," tutur Wapres.

Wapres juga menceritakan pengalamannya menerima kunjungan dari perwakilan Majelis Hukama Al-Muslimin untuk mendengarkan keinginan kelompok cendekiawan muslim dunia tersebut belajar tentang toleransi di Indonesia.

"Mereka datang ke Indonesia bukan untuk memberikan ajaran atau tuntunan tentang bagaimana Islam yang rahmatan lil’alamin itu, melainkan justru mereka datang untuk belajar tentang Islam yang toleran, yang sudah diakui di Indonesia," jelas Wapres.

Bahkan, lanjut Wapres, kelompok cendekiawan muslim dunia yang berpusat di Abu Dhabi tersebut menyarankan agar buku-buku Indonesia terkait dengan toleransi dan kerukunan diterjemahkan ke dalam bahasa Arab sehingga dapat dipelajari oleh negara-negara Timur Tengah yang sedang berkonflik.

"Mereka mengatakan bukan saatnya lagi kitab-kitab bahasa Arab diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, melainkan justru sebaliknya buku-buku Indonesia tentang bagaimana toleransi dan kerukunan yang dibangun di Indonesia itu diterjemahkan ke dalam bahasa Arab," ungkapnya.

Kerena itu, Wapres RI KH Ma'ruf Amin mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia terus menjaga dan meningkatkan toleransi antarumat agar kerukunan dapat terus terwujud di Tanah Air. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.