Berita

Di Depan Ribuan Penyuluh Se-Indonesia, Mentan RI: Pertanian Ini Urusan Penting

Rabu, 23 Juni 2021 - 15:50
Di Depan Ribuan Penyuluh Se-Indonesia, Mentan RI: Pertanian Ini Urusan Penting Mentan RI Syahrul Yasin Limpo. (FOTO: Dok. Kementan RI).

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Menteri Pertanian RI (Mentan RI) Syahrul Yasin Limpo menyapa 1000 titik penyuluhan se-Indonesia melalui video virtual yang digelar di pusat data Agriculture War Room (AWR) Kementan RI, Jakarta, Rabu, 23 Juni 2021.

Dalam arahannya, Syahrul meminta semua orang yang bekerja di sektor pertanian memiliki semangat tinggi dalam memenuhi kebutuhan makanan 270 juta penduduk Indonesia.

"Saya selalu katakan bahwa orang yang ngurusin pertanian itu adalah orang yang sangat mulia karena mereka bekerja sangat luar biasa. Maka, itu harus kita jadikan ladang amal dan ibadah setiap harinya," ujar Mentan RI Syahrul Yasin Limpo dikutip dari keterangan resmi, di Jakarta, Rabu (23/6/2021).

Menurut Syahrul, menjadi petani atau penyuluh adalah dua profesi yang sama-sama mulia dan tidak bisa dianggap rendah oleh profesi apa pun juga. Apalagi setiap harinya, mereka bekerja dan menyediakan hidangan makanan bagi jutaan orang Indonesia.

"Kita ini bisa sehat dan ngobrol seperti berarti tidak ada masalah dengan perut kita. Berarti Allah sudah bayarkan nilainya yang sangat besar bagi kita semua. Dan ingat, kita harus bahagia. Bahagia itu datangnya dari pikiran kita. kalau kita lihat petani sukses berarti kita bahagia. Kemudian di negara kita tidak ada yang kelaparan saja itu bagian dari bahagia," katanya.

Namun sebaliknya, Indonesia bisa terperosok ke titik nadir yang paling dalam jika sektor pertaninya hancur. Bahkan, bukan hanya sekedar pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, tapi ada hal lain yang mungkin terjadi dan sangat mengerikan.

"Kalau pertanian rusak negara ini juga rusak. bukan hanya covid, orang tak bisa makan bisa bunuh-bunuhan lho. Oleh karena itu yang kita urus ini sangat penting dan penting. Kalau pertaniannya baik, baguslah negara ini," ucapnya.

Sebagai informasi tambahan, sektor pertanian memiliki peningkatan cukup signifikan. Berdasarkan data BPS, pada triwulan II 2020 PDB sektor pertanian tumbuh 16,24 persen (QtoQ) serta pada triwulan III dan IV, PDB Pertanian tumbuh masing-masing  2,16 persen dan 2,59 persen (YonY).

Dengan angka tersebut, sektor pertanian di bawah pimpinan Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo mampu menjadi penyelamat dari ancaman resesi ekonomi nasional. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.