Berita

Wapres RI KH Ma’ruf Amin: MUI Terapkan Pola Moderat dalam Fatwa Vaksin Covid-19

Rabu, 23 Juni 2021 - 16:34
Wapres RI KH Ma’ruf Amin: MUI Terapkan Pola Moderat dalam Fatwa Vaksin Covid-19 Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Setwapres).

TIMES JAKARTA, JAKARTAWapres RI KH Ma’ruf Amin mengatakan MUI telah menerapkan pola pikir moderat dalam menerbitkan fatwa-fatwa, termasuk terkait vaksin Covid-19 dan vaksin meningitis.

Demikian disampaikan KH Ma’ruf Amin saat mengikuti acara The 2nd International Conference on Humanity Law And Sharia secara virtual dari Jakarta, Rabu (23/6/2021).

"Cara berpikir yang benar dan tepat adalah cara berpikir yang moderat. Cara berpikir itulah yang selama ini dilakukan oleh MUI yang menjadi dasar untuk mengeluarkan fatwa-fatwanya,” ucap KH Ma’ruf Amin.

Menurutnya, MUI tidak pernah menerapkan pola pikir yang memukul rata haram atau halal terhadap semua produk atau fatwa, melainkan memisahkan kedua hal tersebut sesuai konteksnya.

"Ada kaidah ‘Kalau ada sesuatu yang halal dan haram bercampur, maka yang dimenangkan adalah yang haram’; MUI tidak berpegang pada pendapat tersebut, baik yang mengharamkan semua atau menghalalkan semua," ucap dia.

Dijelaskan, MUI memisahkan antara halal dan haram, yakni jika sesuatu bersifat halal tetap halal dan hasilnya menjadi halal; sementara sesuatu yang bersifat haram akan tetap haram dan hasilnya menjadi haram.

"Begitu juga dalam hal vaksin. MUI menghalalkan vaksin yang tidak mengandung unsur-unsur yang haram, kecuali dalam keadaan darurat karena ada kaidah yang mengatakan kedaruratan itu membolehkan sesuatu yang dilarang," jelasnya.

Selanjutnya, terhadap berbagai masalah yang belum ditemukan fatwanya, Wapres KH Ma’ruf Amin mengatakan hal itu bisa menggunakan metodologi para ulama sebelumnya.

"Saya meyakini bahwa berbagai permasalahan baru yang belum ditemukan hukumnya bisa dijawab dengan menggunakan perangkat metodologi yang telah dirumuskan para ulama terdahulu," tandas Wapres RI KH Ma’ruf Amin terkait fatwa MUI, termasuk untuk vaksin Covid-19. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.