Berita

Pangdam Brawijaya Pastikan Pengamanan Presiden dan Wakil Presiden 

Sabtu, 04 Februari 2023 - 15:51
Pangdam Brawijaya Pastikan Pengamanan Presiden dan Wakil Presiden  Pangdam Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf saat Rakor Finalisasi Kesiapan Peringatan Acara Puncak Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama di Gedung Grahadi, Sabtu (4/2/2023). (FOTO: Dok. Pendam Brawijaya)

TIMES JAKARTA, SURABAYA – Kodam V/Brawijaya beserta jajaran memastikan kesiapan pengamanan (PAM) VVIP kunjungan Presiden RI, Joko Widodo dan Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin pada perhelatan Hari Lahir 1 Abad NU yang akan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo 7 Februari 2023.

"Komando kendali pengamanan tersebut ada pada kami. Tujuannya adalah dalam pelaksanaan acara meminimalisir hal-hal yang tidak diduga. Seperti terjadi penumpukan massa atau gesekan yang menimbulkan konflik," demikian ungkap Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf saat Rakor Finalisasi Kesiapan Peringatan Acara Puncak Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama di Gedung Grahadi, Sabtu (4/2/2023). 

Menurutnya, dalam acara itu akan hadir tokoh-tokoh ternama, pejabat negara, serta masyarakat umum. Pihaknya bertanggung jawab dan siap menerima laporan sekaligus melaksanakan pengamanan tamu VVIP. Ia hanya menginginkan perayaan tersebut berjalan dengan tertib dan aman.

Kemudian, imbuhnya, permasalahan selanjutnya mengenai sampah. Karena sejuta orang yang datang nanti tersebar di banyak titik, Pangdam V/Brawijaya meminta kepada panitia agar menyediakan banyak tempat sampah. Kalau tidak orang akan membuang sampah sembarangan. 

"Siapkan tempat sampah baik dalam bentuk kantong plastik maupun tong sampah, maka otomatis sampah akan cenderung dibuang ke situ oleh peserta kegiatan ini. Jangan kalah dengan suporter Jepang. Setiap selesai pertandingan stadion bersih, ujar mantan Kepala Penerangan Kopassus ini.

Danrem 132/Tadulako 2020-2022 ini meminta panitia, untuk tak segan-segan memberikan seruan atau imbauan berupa tulisan buang sampah pada tempatnya. 

"Jangan sampai larut dengan situasi terus lupa pada tugasnya dan ikut menonton. Masalah sampah ini sangat serius lantaran dapat mengganggu lingkungan sekitar," sebutnya.

Ia meminta sirkulasi truk, harus diatur jamnya saat keluar masuk mengangkut sampah ke stadion. Oleh karena itu penting sekali mengatur lokasi dan rute parkirnya.

"Pastikan armada truk sampah di Sidoarjo ditambah dengan armada dari daerah lain selama berlangsungnya acara," tandasnya.

Perwira Tinggi kelahiran kelahiran Madura ini juga menghmbau kepada masyarakat, agar berhemat air saat memanfaatkan rumah-rumah masyarakat yang tersedia di pinggir jalan untuk mandi. Jangan lupa membawa perlengkapan sendiri. Mandi yang cepat dan efisien, sehingga bisa bersuci.

"Untuk bubaran massa, segera ditunjuk koordinator lapangan guna mengumpulkan massa. Kenakan tanda yang berbeda-beda serta ditentukan jam maupun titik kumpulnya. Kalau semua patuh maka tidak terjadi desak-desakan, sampai berebut pintu keluar. Bentuk koordinator tiap daerah dan pastikan berapa massanya. Sebaiknya tiba di lokasi jauh-jauh jam sebelum acara dimulai," kata Pangdam.

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf berpesan kepada aparat TNI dan Polri, untuk mengantisipasi antusiasme massa yang begitu tinggi ketika kedatangan Presiden dan Wakil Presiden. Karena diprediksi massa yang datang dari segala penjuru, ingin melihat langsung sosok Presiden dan Wakil Presiden ini pada kegiatan 1 Abad NU. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.