Berita

NU Masuki Abad Kedua, Begini Harapan Presiden RI Jokowi

Selasa, 07 Februari 2023 - 11:21
NU Masuki Abad Kedua, Begini Harapan Presiden RI Jokowi Presiden RI, Jokowi saat sambutan dalam perhelatan Resepsi 1 Abad NU di Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (7/2/2023) (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMES JAKARTA, SIDOARJO – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap memasuki abad kedua, Nahdlatul Ulama (NU) mampu membawa Indonesia lebih maju dan bermartabat di mata dunia. Jokowi juga berharap, agar NU serius memperhatikan generasi muda nahdliyin untuk cakap penguasaan teknologi digital. 

"Sebagai organisasi terbesar di dunia, NU layak berkontribusi untuk masyarakat internasional, dan pemerintah sangat menghargai upaya PBNU untuk membangun peradaban dunia yang lebih baik dan lebih mulia," terang Jokowi dalam sambutannya di Resepsi 1 Abad NU di Gelora Delta, Sidoarjo, Selasa (7/2023).

Sejarah telah membuktikan bahwa NU selama ini telah telah berkontribusi nyata terhadap masyarakat. Utamanya menjaga ketahanan bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan. 

"Sebagai organisasi Islam yang mengakar kuat di masyarakat, NU telah menjaga ketahanan masyarakat dalam menghadapi berbagai tantangan-tantangan," ujar Jokowi.

"Dalam menghadapi pandemi covid-19, dalam menghadapi hantaman gerakan-gerakan radikal, termasuk menjaga diri dari politik identitas dan ekstrimisme," sambungnya.

Jokowi berpesan kepada NU, agar NU terdepan dalam membaca gerak zaman. Terdepan membaca perkembangan teknologi dan transformasi ekonomi. Dapat menjaga tatanan sosial yang adil dan beradab.

"Di tengah gelombang perubahan, NU harus terdepan dalam membaca gerak zaman, membaca perkembangan teknologi dan transformasi ekonomi, dan menjaga tatanan sosial yang adil dan beradab," kata Jokowi.

Jokowi berharap lembaga-lembaga pendidikan NU bisa mempersiapkan nahdliyin muda untuk mampu menguasai perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Generasi muda NU mampu menjadi profesional-profesional baru yang unggul.

"Saya berharap lembaga pendidikan di NU, agar mempersiapkan nahdliyin-nahdliyin muda yang menguasai IPTEK terbaru, menguasai teknologi digital yang berkembang pesat, dan mampu menjadi profesional-profesional yang unggul," ujarnya berharap. 

Jokowi berharap, NU mampu merangkul generasi muda NU agar tetap menjaga akhlakul karimah dan adat ketimuran. Senantiasa menjaga tradisi adab ahlussunnah wal jamaah.  

"Saya berharap agar NU merangkul dan memberi perhatian serius kepada generasi muda, agar tetap mengakar kuat pada tradisi dan adab ahlussunah wal jamaah dan terus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Jokowi.

Jokowi mendoakan agar momentum 1 Abad NU kali ini, bisa menjadi penanda kebangkitan bagi Nahdlatul Ulama. Terus memperkuat dan memperkokoh keislaman dan ke-Indonesiaan. Membawa Indonesia lebih maju dan bermartabat.

"Semoga momentum abad kedua NU ini menjadi penanda kebangkitan baru NU. Memperkokoh keislaman dan ke-Indonesiaan, meningkatkan kesejahteraan umat, serta membangun masa depan Indonesia yang maju dan bermartabat," kata Jokowi. (*)

Pewarta : Thaoqid Nur Hidayat
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.