Berita

Lantik Pejabat Eselon II, Menperin RI: Harus Selangkah Lebih Cepat

Sabtu, 08 Mei 2021 - 10:09
Lantik Pejabat Eselon II, Menperin RI: Harus Selangkah Lebih Cepat Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat memberikan pengarahan. (Foto: Dokumentasi Kemenperin)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Menteri Perindustrian RI (Menperin RI) Agus Gumiwang Kartasmita melantik sembilan Pejabat Tinggi Pratama (Eselon II) di lingkungan Kementerian Perindustrian (Kemenperin RI).

Dalam arahannya, Menperin meminta para pejabat yang dilantik untuk mampu bekerja lebih cepat, agar program-program yang telah disusun mampu diimplementasikan secara optimal.

"Kemenperin harus selangkah lebih cepat, serta selalu tanggap dalam upaya mendorong pencapaian sasaran," kata Menperin dikutip dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (8/5/2021).

Kerjasama yang solid atau teamwork yang optimal para pejabat Kemenperin juga menjadi prioritas untuk mencapai target yang ditetapkan. Menperin menuturkan, para pejabat harus turut menyukseskan pencapaian program substitusi impor 35 persen pada tahun 2022.

Melalui program tersebut, beberapa langkah utama yang tengah dilakukan antara lain menurunkan nilai impor melalui substitusi barang-barang baku dan input yang selama ini diimpor, menjadi diproduksi di dalam negeri. 

"Kemenperin juga telah mengeluarkan berbagai kebijakan yang mendorong peningkatan utilisasi sektor industri," ujarnya.

Ia menyebutkan, ada tujuh program yang dijalankan guna mengakselerasi program subtitusi impor ini dan mendorong percepatan pertumbuhan industri pada tahun 2021, antara lain program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN), kebijakan harga gas, program hilirisasi mineral.

Juga pengembangan kawasan industri, program pengembangan digital capability center, program pengembangan vokasi industri, program pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM), dan program Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Kepada para pejabat yang dilantik Menperin juga berpesan agar mampu mengoptimalkan penyerapan anggaran.  Agus menargetkan Kemenperin bisa berkontribusi tinggi untuk mendorong belanja pemerintah.

Selanjutnya, Menperin menginstruksikan para pejabat di lingkungan Kemenperin agar turut mendorong optimalisasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) pada setiap produk industri nasional, agar mendukung produktivitas bagi sektor pembuat komponennya.

Langkah ini sejalan dengan kebijakan Kemenperin untuk menaikkan nilai TKDN menjadi 50 persen pada tahun 2024 sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

"Saya berharap agar semua pejabat Kemenperin mindsetnya harus mendukung TKDN," harapnya.

Adapun sembilan pejabat yang dilantik adalah

  1. Nila Kumalasari sebagai Kepala Pusat Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri
  2. Mohammad Ari Kurnia Taufik sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Agro
  3. Riefky Yuswandi sebagai Direktur Industri Kecil Menengah (IKM) Pangan Furnitur, dan Bahan Bangunan pada Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menenengah (IKMA) Kemenperin
  4. Wulan Sri Aprilianti Permatasari sebagai Inspektur I pada Inspektorat Jenderal Kemenperin.
  5. Abdulah sebagai Inspektur III pada Inspektorat Jenderal Kemenperin
  6. Heru Kustanto sebagai Kepala Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan Kebijakan Jasa Industri pada Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI)
  7. Cahyadi sebagai Kepala Balai Besar Tekstil Kemenperin
  8. Emmy Suryandari sebagai Kepala Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri Kemenperin
  9. Setia Diarta Kepala Balai Besar Industri Hasil Perkebunan Kemenperin.

Menperin RI meminta kepada para pejabat dilantik untuk terus mendorong percepatan penerapan teknologi industri 4.0. Sebelumnya, Pemerintah telah menetapkan peta jalan Making Indonesia 4.0 dengan sasaran utama menjadikan Indonesia sebagai 10 negara ekonomi terbesar dunia pada tahun 2030. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.