Berita

Jakarta Mengalami Rekor Angka Covid-19, Gubernur Anies: Sabtu-Minggu di Rumah Saja

Sabtu, 19 Juni 2021 - 13:00
Jakarta Mengalami Rekor Angka Covid-19, Gubernur Anies: Sabtu-Minggu di Rumah Saja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Gubernur Anies Baswedan terus melakukan berbagai cara dalam menekan Pandemi Covid-19 di DKI Jakarta. Salah satunya ia pun mengajak semua masyarakat agar akhir pekan di rumah saja.

"Teman-teman, mari kita di rumah saja hari Sabtu-Minggu ini. Habiskan waktu bersama keluarga, tidak usah bepergian kecuali untuk kebutuhan yang mendesak dan pokok," katanya dalam keterangan, Sabtu (19/6/2021).

Mantan Rektor Paramadina itu menjelaskan, Jumat (18/6/2021) kemarin, angka kasus baru di Ibu Kota sudah 4700 lebih. Itu adalah rekor tertinggi selama pandemi. Kapasitas RS DKI Jakarta juga semakin terbatas. Oleh karena itu, ia berharap masyarakat menjaga diri agar jangan sampai tertular Covid-19.

"Kita masih pandemi, teman-teman mungkin mulai lelah/bosan dengan pembatasan, tapi virusnya tidak pernah lelah. Mari tetap sabar jalani masa pembatasan ini, sambil kita tuntaskan vaksinasinya," jelasnya.

"Sekali lagi, mari tetap di rumah saja Sabtu-Minggu ini. Semoga teman-teman tetap sehat dan terhindar dari potensi penularan Covid-19. Salam hangat untuk keluarga di rumah," jelasnya.

Sebelumnya, ia mengaku, saat melakukan sidak tadi malam, ternyata masih menemukan praktik tidak bertanggungjawab dari para pengelola. Kapasitas tempat yang maksimal 50%, dilanggar.

Seluruh pengelola tempat makan yang melanggar langsung ditegur dan diberikan sanksi, dari denda hingga penutupan sementara. Hal itu kata dia, agar pengelola dapat mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan peraturan yang berlaku di PPKM Mikro.

"Bila kita membiarkan praktik pelanggaran seperti ini terus-terusan, artinya mengirimkan orang ke rumah sakit, mengirimkan orang untuk terpapar, dan itu adalah sikap yang tidak bertanggungjawab," katanya.

"Mari ambil sikap bertanggungjawab, batas maksimal 50% pengunjung bukan semata-mata ketaatan pada aturan, tapi ini tentang menyelamatkan saudara sebangsa dari keterpaparan," jelasnya lagi.

Ia pun meminta, pada para pengelola, restoran, kafe dan rumah makan, untuk ambil sikap bertanggungjawab. Kata Anies, pikirkan keselamatan diri sendiri, keselamatan pengunjung tempat anda berusaha.

"Kepada teman-teman, laporkan bila melihat ada pelanggaran, jangan diam. Bila anda mendatangi sebuah restoran atau rumah makan, terlihat sudah penuh, jangan paksakan masuk. Cari tempat lain yang kosong, atau lebih baik pesan antar saja dari rumah," ujar Gubernur Anies Baswedan yang juga meminta akhir pekan di rumah. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.