Berita

KLB Partai Demokrat, Lukman Edy: Ini Ujian Bagi AHY, Tunjukan Kualitasmu

Minggu, 07 Maret 2021 - 16:59
KLB Partai Demokrat, Lukman Edy: Ini Ujian Bagi AHY, Tunjukan Kualitasmu Mantan Sekjen PKB Lukman Edy. (FOTO: MERDEKA)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Mantan Sekjen PKB Lukman Edy angkat suara perihal prahara Partai Demokrat menyusul digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB) yang menetapkan Moeldoko sebagai Ketua Umum. Menurutnya, hal ini adalah ujian bagi Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang digadang-gadang bakal maju di Pilpres 2024.

Diketahui, AHY merupakan Ketua Umum Partai Demokrat yang terpilih secara aklamasi  dalam Kongres V Partai Demokrat 2020 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu 14 Maret 2020 silam.

"Kan AHY sudah mendeklarasikan dirinya untuk ikut dalam pertarungan calon presiden RI di 2024. Nah, Salah satu ukurannya adalah apakah anda bisa melewati badai Partai Demokrat hari ini," ujar Lukman dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/3/2021).

"Ayo lakukan konsolidasi, tunjukan kualitas sebenarnya dirimu. Kalau ingin jadi pemimpin bangsa, jadikan dirimu lebih besar dari Partai Demokrat. Jangan cengeng, bangun kepercayaan konstituenmu," kata Lukman menambahkan.

Lukman mengatakan, jika AHY menuduh ada campur pemerintah di KLB Sumatera Utara, sudah seharusnya menancapkan pengaruh ke konstituen lebih dalam lagi. Seperti Ibu Megawati, di zaman orde baru dulu.

"Kalau ternyata Partai Demokrat tidak bisa diselamatkan untuk tetap menjadi perahumu, buat partai lagi, toh membuat partai baru adalah pekerjaan mudah di era demokrasi sekarang," tegas Dewan Pakar Indonesia Maju Institute tersebut.

Sementara, Lukman mengatakan, sebagai mantan Panglima TNI, kata dia, kapasitas dan kapabilitas Moeldoko sudah teruji. Sebagai warga negara bukan lagi TNI aktif, Moeldoko dianggap berhak menjadi anggota ataupun ketum partai. Hak konstitusional ini diatur Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

"Pak Moeldoko, anda seorang Jenderal, yang sedang dalam pemerintahan. Pengalamanmu mengelola banyak persoalan tentu sudah teruji. Karakter pemimpin begitu kental pada dirimu. Namamu juga sudah digadang-gadangkan dalam konstalasi pilpres 2024," ucapnya.

Kembali ke KLB Partai Demokrat. Lukman Edy menegaskan, bahwa  tidak ada partai di Indonesia ini yang akan lepas dari konflik internal. Menurutnya, Konflik internal adalah hukum besi di sebuah partai politik, cepat atau lambat. 

"Konflik internal juga sebagai agregasi terhadap kader dan calon pemimpinnya. Yang membedakannya adalah resolusi konfliknya. Kualitas pemimpinnya akan menunjukkan apakah konflik internal menyebabkan kehancuran atau justru menjadi vitamin baru untuk sebuah kedewasaan dan kebesaran," tegasnya.

Sebab itu, Lukman Edy yang juga pernah menjabat Sekjen PKB ini menilai, KLB Partai Demokrat yang menetapkan Moeldoko sebagai Ketua Umum sejatinya ujian bagi AHY dalam melewati prahara di tubuh partai berlambang bintang mercy tersebut. (*) 

Pewarta : Hasbullah
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.