https://jakarta.times.co.id/
Berita

Herpes Zoster Mengancam Keselamatan Jiwa Usia Dewasa, Vaksinasi Penting Dilakukan

Jumat, 27 September 2024 - 15:13
Herpes Zoster Mengancam Keselamatan Jiwa Usia Dewasa, Vaksinasi Penting Dilakukan Dermatologist dari National Hospital, dr. Jose L. Anggowarsito, GDip.Derm, SpDVE, FINSDV, FASDS. (FOTO: Dok. NH Surabaya)

TIMES JAKARTA, SURABAYA – Penyakit Herpes Zoster bukan sekadar ruam pada kulit. Namun juga bisa mengakibatkan mortalitas akibat komplikasi umum.

Pentingnya pencegahan Herpes Zoster melalui vaksinasi sudah direkomendasikan oleh Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI 2024.

Penyakit menular dengan mortalitas dan morbiditas tinggi yang rentan dialami oleh orang dewasa tersebut sebenarnya dapat diupayakan pencegahannya melalui vaksinasi.

Nyeri Pasca-Herpes (NPH) dan komplikasi lainnya dapat menyebabkan kehilangan penglihatan, infeksi paru (pneumonia), gangguan pendengaran, inflamasi otak (encephalitis), dan kematian.

Neuralgia pasca-herpes (NPH) adalah nyeri saraf jangka panjang yang dapat berlangsung berminggu-minggu, berbulan-bulan atau kadang dapat bertahan selama beberapa tahun.

Kondisi ini merupakan komplikasi paling umum dari Herpes Zoster, dan ini terjadi pada 5-30% dari semua kasus Herpes Zoster tergantung pada usia individu.

Menurut data yang dikumpulkan oleh Kelompok Studi Herpes Zoster Indonesia (KSHI) dari 13 rumah sakit pemerintah di Indonesia, kasus Herpes Zoster paling banyak ditemukan pada kelompok usia 45-64 tahun yang mencapai 37,95% dari total kasus di tahun 2011-2013.3

Penyakit Herpes Zoster, yang disebabkan oleh reaktivasi virus varicella-zoster, dapat terjadi lebih umum dari yang dipikirkan.

Lebih dari 90 persen orang dewasa memiliki virus varicella zoster (VZV) yang dorman di sistem saraf mereka dan menunggu untuk tereaktivasi kembali seiring bertambahnya usia, membuat 1 dari 3 individu berisiko mengalami Herpes Zoster selama hidup mereka.

Rasa sakit dari Herpes Zoster sering digambarkan oleh pasien seperti rasa sakit yang mendalam, membakar, menusuk, atau nyeri.

Dermatologist dari National Hospital di Surabaya, dr. Jose L. Anggowarsito, GDip.Derm, SpDVE, FINSDV, FASDS, mengatakan, National Hospital juga menerima 897 pasien Herpes Zoster sejak 2012.

"Dengan komplikasi yang paling umum kami tangani yaitu NPH. Namun, selain NPH, Herpes Zoster juga bisa menyebabkan kehilangan penglihatan apabila terjadi di sekitar area mata, ruam dapat terinfeksi dengan bakteri dan pada kasus yang jarang ditemukan juga dapat menyebabkan infeksi paru (pneumonia), gangguan pendengaran, inflamasi otak (encephalitis), dan kematian," jelasnya, Jumat (27/9/2024).

Setiap orang dewasa pada umumnya mengalami Penurunan Kekebalan Terkait Usia (ARDI) yang membuat semakin rentan terhadap infeksi. Salah satunya Herpes Zoster. 

Per Juli 2024, jadwal imunisasi dewasa sudah di perbarui dengan menambahkan vaksin Herpes Zoster sebagai salah satu rekomendasi dari Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI.

Orang dewasa berusia lebih dari 50 tahun dan individu berusia lebih dari 18 tahun dengan kondisi imunokompromais seperti pasien yang sedang menerima kemoterapi, steroid dosis tinggi, imunodefisiensi dengan atau tanpa episode Herpes Zoster sebelumnya, dapat menerima vaksin Herpes Zoster.

Masyarakat dapat mengakses Jadwal Imunisasi Dewasa 2024 melalui website www.satgasimunisasipapdi.com.

Selain itu, penting untuk diketahui bahwa orang dewasa yang memiliki riwayat Cacar Air memiliki risiko untuk terkena Herpes Zoster.

Namun, pasien yang masih aktif terkena Herpes Zoster dapat menyebabkan Cacar Air pada seseorang yang belum pernah terkena Cacar Air atau terlindungi dari penyakit tersebut. Seseorang dapat menular melalui kontak langsung dari cairan lepuhan Herpes Zoster.

dr. Jose L. Anggowarsito, menambahkan, penting untuk berkonsultasi dengan tenaga medis mengenai vaksinasi Herpes Zoster.

Terutama jika pasien berada dalam kelompok usia yang direkomendasikan atau memiliki kondisi medis tertentu yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ini.

Vaksinasi Herpes Zoster menjadi langkah pencegahan yang efektif, terutama bagi mereka yang berusia lebih dari 50 tahun dan lebih dari 18 tahun dengan kondisi imunokompromais.

Vaksin ini membantu mengurangi risiko terkena Herpes Zoster, meringankan keparahan gejalanya jika infeksi tetap terjadi, dan menurunkan kemungkinan terjadinya neuralgia pasca-herpes (NPH) yang merupakan komplikasi lebih menyakitkan dan bertahan lama dibandingkan ruam dari Herpes Zoster itu sendiri.

"Dengan vaksinasi, setiap individu dapat mengambil langkah proaktif untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup di masa mendatang," tambahnya.

Selain melalui vaksinasi, setiap orang dapat melindungi diri dari Herpes Zoster dengan mengurangi stres dan memastikan mengadopsi gaya hidup yang sehat dengan memakan makanan sehat, mempertahankan berat badan yang sehat, berolahraga secara teratur, tidur selama 7-9 jam setiap malam, dan tidak merokok atau menggunakan produk tembakau.

Reswita Dery Gisriani, Communications, Government Affairs and Market Access Director, GSK Indonesia menyampaikan, selama lebih dari 65 tahun, GSK berkomitmen dalam pencegahan dan pengobatan penyakit melalui penyediaan vaksin dan obat-obatan inovatif.

"Sebagai pemimpin global dalam penyediaan vaksin, GSK memasok vaksin ke lebih dari 160 negara, melindungi individu sepanjang hidup mereka dari berbagai penyakit," ucapnya.

GSK terus berkomitmen untuk mengembangkan vaksin baru dan yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan individu dan masyarakat yang terus berkembang.

"Kami menyadari pentingnya mengikuti tren penyakit dan menginvestasikan sumber daya untuk penelitian dan pengembangan dalam mengatasi masalah yang muncul di industri kesehatan," jelasnya.

"Selain itu, kami akan terus berkolaborasi erat dengan pemerintah, asosiasi medis dan juga tenaga kesehatan profesional untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan penyakit menular melalui imunisasi," ucapnya. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.