https://jakarta.times.co.id/
Berita

Sikap Negarawan, Kubu Anies dan Ganjar Kompak Akui Kemenangan Prabowo di Pilpres

Selasa, 23 April 2024 - 09:51
Sikap Negarawan, Kubu Anies dan Ganjar Kompak Akui Kemenangan Prabowo di Pilpres Anies Baswedan bersama Ganjar Pranowo. Mereka kini akui kemenangan Prabowo Subianto di Pilpres 2024. (FOTO: Antara)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengakui kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sikap negarawan tersebut disampaikan usai Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan Paslon 01 dan 03 ini soal Pilpres 2024 yang sudah dibacakan pada Senin (22/4/2024) kemarin.

Anies menyebut, seluruh proses Pilpres 2024 sudah terlewati fasenya. Ia pun menyampaikan kepada Prabowo-Gibran selamat berkerja di pemerintahan selanjutnya. 

"Kami sampai kepada Pak Prabowo dan Pak Gibran, selamat menjalankan amanat konstitusi. Selamat bekerja menunaikan harapan rakyat yang kini diembankan di atas pundak bapak-bapak berdua," kata Anies dalam keterangan resminya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun mengakui bahwa Prabowo adalah sosok patriot. Menurut Anies, dirinya sangat kenal secara pribadi Ketua Umum Partai Gerindra itu. "Hari ini saya terus mempercayai (Prabowo Subianto) sebagai seorang patriot," jelasnya.

Anies juga percaya, jika nanti sudah menjadi pemimpin Indonesia, Prabowo akan menjaga demokrasi semakin baik, hingga Indonesia mejadi negara maju.

"Sebagai seorang patriotik, saya percaya Pak Prabowo akan mengembalikan dan menjaga nilai-nilai demokrasi di masa Indonesia mendatang," jelasnya.

Sementara itu, Ganjar menilai putusan MK adalah menjadi titik berakhirnya perjalanan politik bersama Mahfud MD di Pilpres 2024. Ia pun menyampaikan selamat kepada Prabowo-Gibran yang sudah keluar menjadi pemenang.

"Tentu kami ucapkan selamat bekerja untuk pemenang (Prabowo-Gibran) dan mudah-mudahan PR-PR (pekerjaan rumah) bangsa ke depan bisa segera diselesaikan," kata Ganjar.

Menurut mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut, Indonesia mengalami masalah yang serius saat ini. Salah satunya yakni nilai tukar dolar Amerika Serikat terhadap rupiah. 

"(Selain itu) kebutuhan pangan mesti dicukupi. Saya kira itu PR-PR yang jauh lebih penting untuk diselesaikan dari pada sekedar kita berdebat yang tidak usai terkait dengan hasil (MK) ini," ujarnya. 

Diapresiasi Muhammadiyah

Muhammadiyah mengapresiasi sikap negarawan dari Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud tersebut. Menurutnya, sikap tersebut adalah yang terbaik.

"Salut dan apresiasi tinggi untuk Pak Ganjar Pranowo-Pak Mahfud MD dan Pak Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang berjiwa besar dan legawa," kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti.

Menurutnya, sikap tersebut adalah menandakan bahwa mereka lebih mementingkan nasib Indonesia dari pada sekedar ambisi pribadi.

"Pak Ganjar-Mahfud dan Pak Anies-Muhaimin Iskandar sudah move on dan menjadi teladan bagaimana berdemokrasi yang ksatria dan dewasa serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan," ujarnya. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.