Berita

Menag RI Terima Kunjungan Perwakilan UEA, Ini yang Dibahas

Kamis, 04 Maret 2021 - 19:59
Menag RI Terima Kunjungan Perwakilan UEA, Ini yang Dibahas Menag Yaqut Cholil Qoumas saat berdialog dengan Mohammed bin Matar Al Kaabi, Ketua Otoritas Umum Bidang Urusan Islam dan Wakaf UEA. (Foto: Dokumentasi Kemenag)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Menteri Agama (Menag RI) Yaqut Cholil Qoumas menerima kunjungan kehormatan Ketua Otoritas Umum Bidang Urusan Islam dan Wakaf Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Matar Al Kaabi, Kamis (04/03/2021).

Pertemuan penuh keakraban dengan protokol kesehatan Covid-19 tersebut berlangsung di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jakarta.

Ini merupakan kunjungan perdana Mohammed bin Matar Al Kaabi ke Jakarta, Indonesia. Setibanya di Kantor Kemenag disambut Menag Yaqut beserta sejumlah Pejabat Eselon I.

Kepada Menag, Mohammed bin Matar Al-Kaabi menuturkan kehadirannya di Jakarta bertujuan untuk menindaklanjuti kerja sama yang sudah terjalin antara UEA-Indonesia sejak 2020. Ia menambahkan kunjungan kehormatan ini sekaligus menyampaikan undangan buat yang mulia Menteri Agama dan jajarannya untuk berkunjung ke Uni Emirat Arab.

Menag-2.jpgMenag Yaqut Cholil Qoumas saat berdialog dengan Mohammed bin Matar Al Kaabi, Ketua Otoritas Umum Bidang Urusan Islam dan Wakaf UEA. (Foto: Dokumentasi Kemenag).

"Dan saya perlu menegaskan dalam kesempatan ini bahwa hubungan antara Indonesia dengan Uni Emirat Arab merupakan hubungan persahabatan yang sangat intim yang dipenuhi kasih sayang dan menjadi model dalam hubungan kerjasama antar negara-negara Islam," kata Mohammed bin Matar Al Kaabi.

Menag Yaqut Cholil atas nama pemerintah Indonesia menyampaikan terima kasih atas hubungan yang luar biasa antara Indonesia dengan UEA hingga memberikan penghormatan kepada Presiden Jokowi dengan memberi nama jalan di Abu Dhabi. Ia juga menyampaikan apresiasi pemerintah UEA yang saat ini memiliki Menteri Toleransi.

"Indonesia sangat beragam dan kami di Indonesia terinspirasi dengan Uni Emirat Arab yang memiliki Menteri Toleransi dan ini sangat penting untuk Indonesia," ujar Menag.

Menag-3.jpgMenag memberikan cinderamata berupa kitab tafsir Al-Qur'an berbahasa Jawa yang ditulis menggunakan aksara Arab pegon, karya KH Bisri Mustofa kepada Mohammed bin Matar Al Kaabi. (Foto: Dokumentasi Kemenag)

Menag berharap kehadiran Al-Kaabi di Indonesia dapat mendorong percepatan berbagai program kerja sama yang dilakukan antara UEA - Indonesia. Selain ke Jakarta, Mohammed bin Matar Al-Kaabi juga dijadwalkan akan berkunjung ke Solo, Jawa Tengah untuk menyaksikan peletakan batu pertama Masjid Raya Syeikh Zayed.

"Dan kita tahu besok kita akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid yang merupakan bantuan dari Uni Emirat Arab di Solo, Jawa Tengah. Tentu kami merasa sangat berhutang budi atas kebaikan pemerintah Uni Emirat Arab dan berharap suatu saat dapat membalas kebaikan ini. Kita akan terus mendoakan pemerintah Uni Emirat Arab untuk terus berkembang dan maju," ucap Menag.

"Belum lagi calon-calon imam yang dikirim ke Uni Emirat Arab dan kesempatan ini tidak akan kami sia siakan dan kami berbangga hati atas kebaikan Uni Emirat Arab," sambung Menag yang juga memberikan cinderamata  Kitab Al-Ibriz kepada Mohammed bin Matar Al-Kaabi di akhir pertemuan.

Kitab Al-Ibriz adalah kitab tafsir Al-Qur'an berbahasa Jawa yang ditulis menggunakan aksara Arab pegon, karya KH Bisri Mustofa, yang merupakan kakek Menag RI Yaqut Cholil Qoumas. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.