Berita

Pemimpin G7 Kecam 'Kejahatan Perang' Rusia Lewat Serangan Rudal ke Mall Ukraina

Selasa, 28 Juni 2022 - 22:56
Pemimpin G7 Kecam 'Kejahatan Perang' Rusia Lewat Serangan Rudal ke Mall Ukraina Pusat perbelanjaan yang terletak di Kremenchuk, Ukraina Tengah, tampak mengalami kerusakan setelah dihantam rudal Rusia. (FOTO: Deutsche Welle)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Para pemimpin G7 mengutuk serangan terhadap pusat perbelanjaan yang ramai di Kremenchuk, Ukraina tengah yang menewaskan 18 orang, dan mengatakan itu bisa menjadi kemungkinan kejahatan perang oleh Rusia.

Hingga saat ini jumlah korban meninggal dunia akibat serangan rudal itu menjadi 18 orang. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy mengutuk serangan itu sebagai 'serangan teroris'

Sementara itu Rusia mengatakan serangan di Kremenchuk itu menargetkan depot senjata. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan serangan rudal Senin ditujukan ke gudang senjata di kota Kremenchuk, dan kerusakan di pusat perbelanjaan itu disebabkan oleh kebakaran yang dipicu oleh ledakan amunisi. 

Rusia mengatakan misilnya menargetkan gudang senjata, menyebabkan ledakan, yang kemudian menyebabkan kebakaran di mal.

Hari ini, Dewan Keamanan PBB dijadwalkan mengadakan pertemuan darurat di New York untuk membahas serangan itu. Para pemimpin G7, yang mengadakan pertemuan di Jerman, berjanji bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin dan mereka yang bertanggung jawab atas serangan itu akan dimintai pertanggungjawaban.

"Serangan membabi buta terhadap warga sipil tak berdosa merupakan kejahatan perang," kata pernyataan G7.

Ukraina menuduh Rusia sengaja menargetkan warga sipil, dan  Zelenskyy menyebutnya sebagai salah satu tindakan teroris paling berani dalam sejarah Eropa dalam siaran malamnya yang diposting di Telegram.

"Kota yang damai, pusat perbelanjaan biasa, wanita, anak-anak, warga sipil biasa di dalam," kata Zelenskyy, yang sebelumnya membagikan video mal yang dilalap api dengan puluhan penyelamat dan truk pemadam kebakaran di luar.

Para pemimpin G7 sendiri mengutuk serangan Rusia terhadap pusat perbelanjaan di Kremenchuk, Ukraina tengah tersebut. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.