Berita

Hari Ini Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Erupsi Gunung Semeru

Selasa, 07 Desember 2021 - 10:52
Hari Ini Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Erupsi Gunung Semeru Presiden RI Jokowi saat akan ke lokasi erupsi gunung Semeru. (FOTO: Setkab RI)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Hari ini Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) menuju Lumajang, Jawa Timur untuk meninjau langsung sejumlah lokasi yang terdampak erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021) kemarin.

"Selamat pagi. Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi hari Sabtu lalu. Segenap jajaran pemerintah telah bergerak mengambil langkah tanggap darurat dalam bencana alam tersebut," kata Jokowi dalam Facebook resminya dikutip Selasa (7/12/2021).

"Dan pagi ini, saya menuju Lumajang untuk meninjau langsung sejumlah lokasi yang terdampak erupsi Gunung Semeru," ujarnya lagi.

Jokowi-Khofifah-Erupsi-Semeru-FOTO-Laily-Rachev---Biro-Pers-Sekretariat-Presiden-5.jpgPresiden disambut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, dan Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Nico Afinta (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari melaporkan jumlah korban meninggal akibat erupsi Gunung Semeru sebanyak 22 orang. Sementara itu, 27 orang lainnya masih dinyatakan hilang.

“Data pukul 17.30 WIB, jumlah korban meninggal yang dilaporkan oleh Pusdalops BNPB itu 22 orang,” kita Aam pada Konferensi Pers: Perkembangan Hari Ketiga Pasca Erupsi Gunung Semeru kemarin.

Korban meninggal, kata Aam tersebar di kecamatan Pronojiwo 14 orang, kemudian di Candipuro 8 orang. “14 orang meninggal dunia di Pronojiwo itu masih ada 5 orang yang belum teridentifikasi, 2 orang itu ada di RSUD Pasirian dan 3 orang lainnya itu ditemukan di RT 16 RW 5 Curah Kobokan jam 14.15 Waktu Indonesia Barat tadi,” katanya.

Jokowi-Khofifah-Erupsi-Semeru-FOTO-Laily-Rachev---Biro-Pers-Sekretariat-Presiden-10.jpgFoto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Selanjutnya, 9 korban lainnya di desa Pronojiwo yang sudah teridentifikasi saat ini sudah dimakamkan. “Untuk Kecamatan candipuro itu ada 8 orang meninggal dunia di mana ada 1 orang korban yang ditemukan di Kebondeli Selatan jam 15.45 sore ini Waktu Indonesia Barat yang masih belum diidentifikasi,” jelasnya.

Selain itu, saat ini sebanyak 27 orang masih dinyatakan hilang. “Kami juga menerima laporan bagaimana disampaikan oleh Pusdalops BNPB masih ada 27 korban hilang yang saat ini masih menjadi fokus pencarian oleh tim pencarian dan penyelamatan korban," ujarnya. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.