Berita

Cacar Monyet Semakin Ganas, Berikut Cara Masyarakat Terhindar dari Virus Tersebut 

Rabu, 25 Mei 2022 - 11:10
Cacar Monyet Semakin Ganas, Berikut Cara Masyarakat Terhindar dari Virus Tersebut  Ilustrasi seorang anak yang sudah terinfeksi virus cacar monyet (foto: Dokumen/shutterstok)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Jimmy Whitworth, pakar penyakit menular di London School of Hygiene and Tropical Medicine meminta masyarakat di seluruh dunia tidak meremehkan keberadaan virus cacar monyet

Hal itu, dia sampaikan mengingatkan naiknya kasus yang melebihi 100 kali meningkat di Eropa dan Afrika. Dia mengajak semua fokus dalam mencari cara bagaimana mencegah virus tersebut tidak menular.

Kemudian, dia juga membagikan beberapa tips cara terhindar dari cacar monyet. Ada beberapa cara untuk mencegah penularan virus cacar monyet. "Ini adalah penyakit serius, dan sesuatu yang harus dihindari dan coba dicegah," kata Jimmy Whitworth dikutip dari Reuters di Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Sementara itu, di Indonesia pemerintah melalui Kemenkes RI menjelaskan upaya pencegahan untuk masyarakat, jika mengalami gejala demam dan ruam harap memeriksakan diri ke fasilitas layanan kesehatan terdekat. 

Masyarakat diimbau mematuhi protokol kesehatan dengan menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan melakukan perilaku hidup bersih dan sehat.

Berikut beberapa cara agar terhindar dari Virus cacar monyet hasil penelitian Jimmy Whitworth, pakar penyakit menular di London School of Hygiene and Tropical Medicine.

1. Jangan bepergian

Salah satu cara terbaik untuk melakukannya, seperti yang ditunjukkan McCollum, adalah mencoba menghindari perjalanan udara saat Anda sakit.

2. Hindari kontak erat dengan pasien

Penyakit ini menular melalui kontak erat dengan pasien yang terinfeksi. Hindari kontak erat dengan pasien, jika terpaksa maka jangan lupa pakai masker dan mencuci tangan setelahnya.

3. Hindari hubungan seksual dengan pasien

WHO sudah menyatakan bahwa cacar monyet menular melalui hubungan seksual karena kontak erat. Namun ini bukan termasuk infeksi penyakit menular. Artinya, cacar monyet tak menular melalui cairan vagina atau sperma.

Namun salah satu cara terhindar dari cacar monyet adalah menghindari hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi atau kemungkinan terinfeksi penyakit ini.

4. Pakai masker

Sama seperti pencegahan penularan covid-19, pencegahan cacar monyet juga bisa dilakukan dengan memakai masker.

5. Vaksin cacar

Vaksin cacar air disebut masih efektif untuk mencegah cacar monyet. WHO menyebut vaksin cacar air masih efektif 85 persen untuk mencegah cacar monyet. Demikianlah beberapa cara terhindar dari cacar monyet. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.