https://jakarta.times.co.id/
Berita

Keutamaan Shalat Tarawih Malam ke-8 Ramadan, Meneladani Keteguhan Nabi Ibrahim

Senin, 18 Maret 2024 - 19:45
Keutamaan Shalat Tarawih Malam ke-8 Ramadan, Meneladani Keteguhan Nabi Ibrahim Ilustrasi salat Tarawih malam ke-8 Ramadan. (FOTO: Bing AI)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Senin (18/3/2024) malam menjadi penanda umat Islam di Indonesia memasuki malam ke-8 bulan Ramadan 1445 Hijriah. Ini berarti, shalat tarawih yang dikerjakan pada malam tersebut merupakan shalat tarawih malam ke-8.

Selain pahala ibadah shalat tarawih itu sendiri, malam ke-8 Ramadan memiliki keutamaan tersendiri yang dijelaskan dalam kitab Durratun Nashihin. Hadis riwayat Imam Ash-Shan'ani itu berbunyi:

 وَفِى اللَّيْلَةِ الثَّامِنَةِ اَعْطَاهُ اللهُ تَعَالَى مَا اَعْطَى اِبْرَاهِيْمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ

Artinya: "Pada malam kedelapan, Allah memberi anugerah sebagaimana anugerah yang telah diberikan kepada Nabi Ibrahim." (HR. Ash-Shan'ani)

Hadis ini menjelaskan bahwa pada malam ke-8 Ramadan, terdapat anugerah khusus yang diberikan Allah SWT kepada orang yang melaksanakan shalat tarawih. Anugerah tersebut merujuk pada berbagai keutamaan yang dimiliki oleh Nabi Ibrahim AS.

Meneladani Keteguhan Nabi Ibrahim

Para ulama menjelaskan, Nabi Ibrahim AS dianugerahi berbagai predikat oleh Allah SWT. Di antaranya:
1. Kekasih Allah (Khalilullah)
 Predikat ini disebutkan dalam Al-Quran Surat An-Nisa ayat 125:

 وَمَنْ أَحْسَنُ دِينًا مِّنْ قَوْمٍ أَسْلَمَ وَجَهَهُ لِلَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ وَاتَّبَعَ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا ۚ وَاصْطَفَى اللَّهُ إِبْرَاهِيمَ خَلِيلاً 

Artinya: "Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang dengan ikhlas berserah diri kepada Allah, sedang dia mengerjakan kebaikan dan mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah telah memilih Ibrahim menjadi kekasih (Nya)."

2. Manusia Pilihan Terbaik (Al-Musthafa)
Allah SWT berfirman dalam Surat Shad ayat 47:

 وَإِنَّهُمْ عَلَيْنَا لَمِنَ الْمُصْطَفَيْنَ الْأَخْيَارِ 

Artinya: "Dan sungguh, di sisi Kami mereka termasuk orang-orang pilihan yang paling baik."

3. Ulil Azmi (Yang Memiliki Keteguhan Hati):
 Nabi Ibrahim AS termasuk dalam kelompok nabi yang dijuluki Ulul Azmi. Ini karena beliau memiliki keteguhan hati yang luar biasa dalam menghadapi berbagai ujian dari Allah SWT. Selain Nabi Ibrahim, nabi lain yang termasuk Ulul Azmi adalah Nabi Isa, Nabi Nuh, Nabi Musa, dan Nabi Muhammad SAW.

Dengan memahami keutamaan shalat tarawih malam ke-8 dan anugerah yang diberikan kepada Nabi Ibrahim AS, umat Islam diajak untuk meneladani keteguhan dan keikhlasan beliau dalam menjalankan perintah Allah SWT. 

Ketika melaksanakan shalat tarawih, khususnya pada malam ke-8, umat Islam dapat merenungkan ujian dan perjuangan Nabi Ibrahim dalam menghadapi perintah menyembelih putranya, Ismail AS. Keteguhan dan keyakinan Ibrahim kepada Allah SWT diuji, namun beliau tetap menjalankan perintah itu dengan ikhlas.

Hikmah lainnya adalah pentingnya berserah diri kepada Allah SWT. Dalam menjalankan ibadah puasa dan shalat tarawih, umat Islam dituntut untuk berserah diri dan bersabar dalam menghadapi rasa lapar, haus, dan lelah. 

Dengan meneladani keteguhan Nabi Ibrahim AS dan hikmah dari shalat tarawih malam ke-8, diharapkan umat Islam dapat mengisi bulan Ramadan ini dengan ibadah yang khusyuk, penuh keikhlasan, dan kesabaran. (*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.