https://jakarta.times.co.id/
Berita

AHY: KLB Partai Demokrat di Deli Serdang Ujian Bagi Demokrasi Indonesia

Minggu, 07 Maret 2021 - 17:09
AHY: KLB Partai Demokrat di Deli Serdang Ujian Bagi Demokrasi Indonesia Moeldoko, Ketua Umum Partai Demokrat versi KLB Deli Serdang. (FOTO: Antara)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan, kongres luar biasa (KLB) di Deli Serdang serta upaya mengganti pucuk pimpinan partai merupakan ujian dan tantangan bagi masa depan demokrasi serta keadilan di Indonesia.

Demikian disampaikan AHY saat memberi sambutan di depan jajaran Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrat pada pembukaan rangkaian rapat konsolidasi partai, di Kantor DPP Partai Demokrar, Jakarta, Minggu (7/3/2021).

"Sekali lagi saya tegaskan di sini, ini bukan hanya ujian terhadap kedaulatan dan kehormatan Demokrat, tapi juga tantangan dan ujian terhadap masa depan demokrasi dan keadilan di Indonesia," ujar AHY.

Dalam kesempatan itu, AHY mengatakan upaya mengganti pimpinan partai bukan masalah yang hanya menyangkut kepentingan dirinya sendiri.

"Kalau ada yang mengatakan ini permasalahan AHY semata, terlalu kecil seorang AHY. Tapi ini permasalahan ataupun ujian bagi kami semua, seluruh pemimpin dan pengurus, serta kader Partai Demokrat di manapun berada," tutur AHY.

Untuk diketahui, hajatan politik yang diklaim sebagai KLB telah selesai digelar di Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021). Kongres itu memutuskan Moeldoko sebagai ketua umum Partai Demokrat periode 2021-2025.

AHY dalam sambutannya mengatakan Moeldoko berupaya mengambil kepemimpinan Partai Demokrat secara ilegal dan inkonstitusional. Ia lanjut menyebut upaya itu sebagai perbuatan yang "memalukan karena jauh dari moral etika dan keteladanan".

Oleh karena itu, AHY mengatakan pihaknya akan melawan hasil KLB di Deli Serdang yang menetapkan Moeldoko sebagai Ketum Partai Demokrat. "Kalau kami diam, artinya sama saja bahwa Partai Demokrat juga membunuh demokrasi di negeri kita," ucap AHY. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.