https://jakarta.times.co.id/
Berita

Disiplin, Kunci Sukses Atlet Dayung Jawa Barat di PON XXI 2024

Senin, 16 September 2024 - 21:49
Disiplin, Kunci Sukses Atlet Dayung Jawa Barat di PON XXI 2024 Dede Sunandar (kanan), Indra Hidayat (tengah) dan Wandi (kiri) atlet peraih lima medali emas pada cabang olahraga dayung Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI berfoto bersama usai bertanding di Bendungan Keuliling, Kabupaten Aceh Besar, Senin (16/9/2024)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Tiga atlet dayung asal Jawa Barat, Indra Hidayat, Dede Sunandar, dan Wandi, berhasil meraih lima medali emas dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024. Kunci keberhasilan mereka? Disiplin dalam latihan dan keseharian.

Selepas berlaga di Bendungan Keuliling, Aceh Besar, Senin, ketiganya sepakat bahwa disiplin adalah faktor utama yang membawa mereka pada prestasi gemilang di PON XXI 2024.

Indra Hidayat, peraih medali perak SEA Games 2021 di Hanoi, mengungkapkan bahwa ia selalu menjunjung tinggi disiplin dalam setiap sesi latihan. Manajemen waktu menjadi prioritas bagi Indra demi menjaga kondisi fisik dan mental. "Sejak latihan, kami sudah terbiasa tidur pukul 21.00 WIB dan mematikan handphone," ungkap atlet kelahiran 25 Agustus 2002 tersebut.

Tak hanya disiplin, Indra juga menekankan pentingnya peran dokter dan tim pemantau gizi yang selalu menyediakan suplemen dan vitamin. Dukungan tersebut membantu menjaga kebugaran dan kesehatan para atlet dayung selama masa persiapan hingga pertandingan.

Dede Sunandar, atlet muda berusia 21 tahun yang baru melakukan debut di ajang PON, juga menekankan pentingnya disiplin dan fokus selama latihan. Ia menyebut, mengikuti arahan pelatih secara konsisten adalah kunci untuk meraih performa terbaik. "Latihan yang serius dan fokus saat pertandingan sangat penting," kata Dede.

Senada dengan kedua rekannya, Wandi menambahkan bahwa disiplin juga harus diterapkan dalam menjaga kebugaran tubuh. Ia selalu berusaha menjaga kondisinya, salah satunya dengan rutin joging, baik saat persiapan menghadapi kompetisi maupun di luar rutinitas latihan.

Ketiganya berhasil meraih empat medali emas dalam beberapa nomor perlombaan dayung PON XXI, yaitu, Kayak 4 orang 500m putra, Perahu naga 12 orang 1.000m putra, Perahu naga 12 orang 500m putra, dan Perahu naga 12 orang 200m putra

Selain itu, Dede dan Wandi menambah satu medali emas dari nomor kayak 2 orang 500m putra, sementara Indra menambah koleksi emasnya dari nomor kayak 1 orang 1.000m putra.

Prestasi mereka di PON XXI belum berakhir, karena ketiganya masih berpeluang menambah medali emas dalam tiga nomor perlombaan lain, yaitu perahu naga 22 orang campuran 1.000m, 500m, dan 200m.

Dengan kedisiplinan yang selalu mereka junjung tinggi, peluang meraih tambahan emas masih terbuka lebar. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.