https://jakarta.times.co.id/
Berita

Menpan RB Tjahjo Kumolo: Kami Sedang Menyusun Jadwal Penerimaan CPNS Tahun 2021

Kamis, 04 Maret 2021 - 19:50
Menpan RB Tjahjo Kumolo: Kami Sedang Menyusun Jadwal Penerimaan CPNS Tahun 2021 Menpan RB Tjahjo Kumolo. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Pemerintah bakal membuka penerimaan CPNS dan Guru dengan skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun ini. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya dan Kemendikbud serta Badan Kepegawaian tengah menyusun jadwal penerimaan.

Adapun proses pengadaan ASN dan Guru PPPK tahun 2021 dengan total jumlah sekitar 1,3 juta pegawai merupakan pengalaman pertama bagi pemerintah. "Jumlah yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya," ujar Tjahjo dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Karena itu, pemerintah mencoba merumuskan prosedur, memperkuat dukungan kebijakan, mengidentifikasi berbagai risiko, dan berbagai persiapan lain yang diperlukan. Termasuk mencoba keajegan sistem seleksi secara online bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

"Pengadaan ASN dan Guru PPPK ini adalah sebuah upaya yang terkait dengan prioritas pembangunan SDM, terutama SDM ASN yaitu dengan melakukan rekrutmen pegawai ASN," imbuh Tjahjo.

Menteri Tjahjo menambahkan, setiap tahun pemerintah memang melakukan rekrutmen. Tetapi pada tahun 2020, pemerintah membatalkan seleksi pegawai ASN karena kondisi pandemi Covid-19. Namun demikian, pembatalan tersebut memberikan kesempatan bagi pemerintah untuk merencanakan dengan baik seleksi yang akan diselenggarakan pada tahun 2021.

"Maka terkait dengan seleksi tahun 2021, pertama perlu saya tegaskan, terkait dengan pengadaan 1 juta Guru PPPK, Kemenpan RB mendukung upaya Kemendikbud untuk merekrut pegawai pemerintah dengan PPPK yang dilakukan untuk menyelesaikan kekurangan guru di seluruh daerah yang selama ini diisi oleh tenaga honorer," tandas Menpan RB Tjahjo Kumolo soal peneriman CPNS dan PPPK. (*) 

Pewarta : Hasbullah
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.