https://jakarta.times.co.id/
Berita

AstraZeneca Hapus Vaksin di Seluruh Dunia, Ini Alasannya

Rabu, 08 Mei 2024 - 11:09
AstraZeneca Hapus Vaksin di Seluruh Dunia, Ini Alasannya Suntikan AstraZeneca adalah yang paling banyak digunakan di Inggris selama peluncuran awal program vaksinasi - sebelum dikaitkan dengan risiko pembekuan darah.(FOTO: Daily Mail)

TIMES JAKARTA, JAKARTAAstraZeneca menghapus vaksin covid-nya di seluruh dunia menyusul terjadinya efek samping yang langka dan berbahaya terkait dengan 80 kematian di Inggris yang telah diakui dalam dokumen pengadilan.

Dilansir Daily Mail, AstraZeneca menghentikan penggunaan vaksin Covid-19 di seluruh dunia, beberapa bulan setelah raksasa farmasi tersebut mengakui bahwa vaksin tersebut bisa menyebabkan efek samping yang langka dan berbahaya.

Vaksin yang dikembangkan oleh Universitas Oxford itu tidak lagi bisa digunakan di Uni Eropa setelah perusahaan tersebut secara sukarela mencabut 'izin edarnya', yang mulai berlaku hari ini.

Permohonan serupa untuk menarik vaksin juga akan diajukan di negara lain yang sebelumnya telah menyetujuinya, termasuk Inggris.

Otoritas Barang Terapi Australia menghentikan penggunaan vaksin tersebut pada bulan April 2023.

Vaksin ini, yang pernah digembar-gemborkan sebagai 'kemenangan bagi ilmu pengetahuan Inggris', telah mendapat pengawasan ketat dalam beberapa bulan terakhir karena efek samping yang sangat jarang terjadi, yaitu menyebabkan pembekuan darah dan rendahnya jumlah trombosit darah.

Suntikan AstraZeneca adalah yang paling banyak digunakan di Inggris selama peluncuran awal program vaksinasi, sebelum dikaitkan dengan risiko pembekuan darah.

AstraZeneca mengakui pada bulan Februari, bahwa vaksin tersebut, dalam kasus yang sangat jarang, bisa menyebabkan Sindrom Trombosis dengan Trombositopenia, yang telah dikaitkan dengan lebih dari 80 kematian di Inggris serta ratusan cedera serius.

Pembuat vaksin Covid AstraZeneca mengakui untuk pertama kalinya suntikannya bisa menyebabkan efek samping yang jarang terjadi dalam pertarungan hukum yang menegangkan

Lebih dari 50 orang yang diduga menjadi korban dan kerabatnya yang berduka saat ini menggugat perusahaan tersebut ke Pengadilan Tinggi.

Namun, AstraZeneca membantah bahwa keputusan penarikan vaksin tersebut terkait dengan kasus pengadilan, dan bersikeras bahwa vaksin tersebut ditarik dari pasar karena alasan komersial.

Perusahaan tersebut mengatakan dalam dokumen pengadilan bahwa vaksin tersebut dilaporkan tidak lagi diproduksi atau dipasok, karena telah digantikan oleh vaksin terbaru yang mampu mengatasi varian baru.

Dalam sebuah pernyataan kepada Daily Telegraph, perusahaan tersebut mengatakan, pihaknya sangat bangga dengan peran yang dimainkan Vaxzevria dalam mengakhiri pandemi global.

Menurut perkiraan independen, lebih dari 6,5 juta nyawa terselamatkan pada tahun pertama penggunaan saja dan lebih dari tiga miliar dosis telah dipasok secara global.

"Upaya kami telah diakui oleh pemerintah di seluruh dunia dan secara luas dianggap sebagai komponen penting dalam mengakhiri pandemi global," katanya.

Para peneliti percaya, bahwa efek samping yang jarang terjadi ini terjadi karena virus flu yang dimodifikasi yang bersembunyi di dalam suntikan memberikan efek buruk pada trombosit dalam darah, sehingga memicu pembekuan.

"Dengan beragamnya varian vaksin Covid-19 yang telah dikembangkan, terdapat kelebihan vaksin-vaksin terbaru yang tersedia," tambah pihak perusahaan.

Hal ini menyebabkan penurunan permintaan Vaxzevria, yang tidak lagi diproduksi atau dipasok. Oleh karena itu, AstraZeneca telah mengambil keputusan untuk memulai penarikan izin edar Vaxzevria di Eropa.

"Kami sekarang akan bekerja sama dengan regulator dan mitra kami untuk menyelaraskan jalur yang jelas ke depan untuk menyelesaikan bab ini dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pandemi Covid-19," ujar mereka. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.