https://jakarta.times.co.id/
Berita

Masih Terus Dibangun, Ini Progres Jalan Tol Yogyakarta-Bawen

Kamis, 10 Oktober 2024 - 17:25
Masih Terus Dibangun, Ini Progres Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Proses pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen yang kini terus dikerjakan. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)

TIMES JAKARTA, YOGYAKARTA – Pemerintah kini sedang fokus membangun Jalan Tol Yogyakarta-Bawen. Proyek Strategis Nasional (PSN) ini dibangun sepanjang 75,12 km. 

Tol ini terbagi menjadi enam seksi. Antara lain seksi 1 Yogyakarta-Banyurejo (8,8 km), seksi 2 Banyurejo-Borobudur (15,2 km), Seksi 3 Borobudur-Magelang (8,1 km), seksi 4 Magelang-Temanggung (16,6 km), seksi 5 Temanggung-Ambarawa (21,2 km), dan seksi 6 Ambarawa-Bawen (5,12 km).
 
Direktur Utama PT Jasamarga Yogjakarta-Bawen (JJB), A.J. Dwi Winarsa menyampaikan, saat ini progres pembangunan Jalan Tol Yogjakarta -Bawen seksi 1 sendiri sudah mencapai 67,23 persen.

“Progres fisiknya adalah 67,23 persen, dari rencana 61 persen. Untuk seksi 1, hasil lapangannya lebih tinggi daripada rencana. Di akhir tahun ini kami targetkan kurang lebih di progres 70 persen,” katanya kepada wartawan di Yogyakarta, Kamis (10/10/2024).

Ia menyampaikan, seksi 1 yakni Yogyakarta-Banyurejo yang sudah dibangun mulai April 2022 itu diproyeksi selesai pada Mei 2026 nanti.

“Seksi 1 sudah dimulai di April tahun 2022 akan selesai Mei tahun 2026,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, secara pembiayaan pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen tersebut tidak ada masalah.

"Tidak ada masalah, jadi kami lahan dibiayai oleh negara, tapi untuk mensupport percepatan dan perencanaan dan juga menyediakan dana talangan," ujarnya.

Dari pantauan TIMES Indonesia di lapangan, proyek pada seksi 1 yakni Jalan Tol Yogyakarta-Banyurejo sebagian sudah terbangun. Ada beberapa alat berat yang terlihat di area proyek tersebut.

Tol Yogyakarta-Bawen memiliki total panjang 75,12 kilometer dan merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional atau PSN. Jalan tol ini dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Yogyakarta-Bawen, dengan nilai investasi sebesar Rp 14,26 triliun. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Yatimul Ainun
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.