Berita

Menuju Kyiv, Presiden RI Jokowi Gunakan Kereta Luar Biasa

Rabu, 29 Juni 2022 - 08:17
Menuju Kyiv, Presiden RI Jokowi Gunakan Kereta Luar Biasa Terlihat Presiden Jokowi (Joko Widodo) dan Ibu Iriana beserta rombongan terbatas berangkat menuju Kyiv di Ukraina, Selasa (28/6/2022). (FOTO: Setkab RI)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di Kota Przemysl, Polandia, kereta yang membawa Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) dan Ibu Iriana beserta rombongan terbatas berangkat menuju Kyiv, ibu kota Ukraina, Selasa (28/6/2022) tepat pada pukul 21.15 waktu setempat.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menggunakan kereta luar biasa yang disiapkan oleh Pemerintah Ukraina sebagaimana digunakan pula oleh pemimpin negara yang berkunjung ke Ukraina sebelumnya.

Kepala Negara dan rombongan diperkirakan tiba di Kyiv, ibu kota Ukraina keesokan harinya. Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana antara lain Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

Dalam keterangannya sebelumnya, Menlu Retno Marsudi menyampaikan, Presiden Jokowi akan ke Ukraina melalui Polandia. Ia mengaku masih terus menjalin komunikasi intensif dengan berbagai pihak dalam rangka kunjungan presiden ke-7 RI tersebut ke Ukraina dan Rusia.

"Presiden akan meneruskan perjalanan ke Ukraina melalui Polandia. Saya juga melakukan komunikasi intensif dengan berbagai pihak dalam rangka kunjungan Bapak Presiden ke Ukraina dan ke Rusia. Tentunya komunikasi ini terus kita lakukan dengan Ukraina dan Rusia sendiri," ucap Retno.

Dari laporan Setkab RI, pengaturan agenda kunjungan Presiden Jokowi ke Ukraina tentunya sudah dipersiapkan sangat matang. Tetapi tentu saja pengaturan tersebut bersifat fleksibel menyesuaikan setiap dinamika kondisi di lapangan.

Sebelumnya diberitakan TIMES Indonesia, setelah menghadiri rangkaian pertemuan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Elmau, Jerman, Presiden Jokowi melanjutkan kunjungan kerjanya ke Ukraina melalui Polandia, Selasa (28/6/2022) waktu setempat.

"Bismillah Presiden @Jokowi dalam perjalanan ke Polandia dengan pesawat dan setelah itu langsung ke Ukraina dengan menggunakan kereta api selama 12 jam," tulis Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung melalui akun instagram pribadinya @pramonoanungw.

Ia membagikan momen saat berbincang dengan Kepala Negara di dalam pesawat.

Ia mengungkapkan, kunjungan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia membawa misi perdamaian.

Presiden akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan  Presiden Rusia Vladimir Putin. "Presiden @Jokowi akan bertemu dengan Presiden Zelenskyy dan Presiden Putin untuk menjalankan misi perdamaian," tulis Pramono.

Ia pun menyampaikan bahwa Presiden RI Jokowi telah melakukan pengecekan secara detail mengenai kunjungan ke dua negara ini. "Presiden Jokowi selalu mengecek setiap kegiatan dengan detail, termasuk perjalanan ke Ukraina dan Rusia, dalam rombongan yg sangat terbatas," ujarnya. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.