https://jakarta.times.co.id/
Berita

Tips Sehat Berhaji, Rutin Jalan Kaki Hingga Perbanyak Makan Buah

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:52
Tips Sehat Berhaji, Rutin Jalan Kaki Hingga Perbanyak Makan Buah Jalan kaki membuat otot kaki kuat dan baik untuk jantung serta minim cedera.

TIMES JAKARTA, JAKARTAJemaah calon haji Indonesia (JCH Indonesia) secara bertahap akan diberangkatkan ke Tanah Suci dalam beberapa pekan kedepan. Selain persiapan mental, persiapan fisik menjadi keharusan karena rangkaian ibadah haji sangat membutuhkan fisik yang prima.

Dikutip dari situs Kementerian Kesehatan berikut beberapa tips untuk menjaga untuk menjaga kesehatan tubuh dan fisik yang bisa dipersiapkan jemaah calon haji sebelum berangkat ke Tanah Suci.

1.    Rutin olahraga Jalan Kaki sebelum berangkat Haji

Jalan kaki selain bisa membuat tubuh sehat dan bugar selama melaksanakan ibadah haji yang merupakan ibadah dengan aktifitas fisik yang tinggi. Selain itu, olahraga jalan kaki sehat untuk jantung dan minim cedera. Gunakan sepatu atau sandal yang nyaman untuk jalan kaki. Lakukan rutin selama 30 menit setiap hari.

2. Istirahat yang cukup

Jaga tubuh agar tidak kelelahan, jika ingin ibadah sunah sesuaikan dengan kemampuan dan kondisi kesehatan.

3.    Tidak merokok

Paparan asap rokok dapat lebih mudah terkena penyakit saluran nafas , infeksi paru, bahkan kematian, dengan tidak merokok dapat mengurangi penyakit tersebut untuk diri sendiri dan orang lain. 

4. Perbanyak makan buah sebelum dan saat berhaji

Buah mengandung banyak vitamin dan serat yang baik untuk tubuh. Dengan asupan vitamin yang cukup, imunitas, kesehatan dan kebugaran tubuh tetap terjaga.

5.    Cuci tangan sebelum dan sesudah makan, sesudah dari toilet, dan sesudah memegang benda kotor. Bawa cadangan handsanistizer dan tetap menggunakan masker saat beraktivitas. 

6.    Selama di Arab Saudi pastikan untuk makan dengan gizi seimbang. Makanan yang disediakan pihak katering dipastikan sudah memenuhi standar gizi dan kalori yang dibutuhkan.

7.    Berpikir positif

Kondisi dan situasi yang berbeda anatara tanah suci dengan Indonesia dapat memicu stress. Maka perlu selalu berpikir positif.

8.    Bawa persediaan obat

Bagi yang hipertensi, gula atau yang mengharuskan minum obat secara teratur, jangan lupa kontrol di petugas kesehatan di kloter masing-masing;

9.    Bawa dan gunakan alat pelindung diri saat keluar dari pondokan.

10.  Tidak mengunjungi peternakan unta, dan tidak meminum susu unta yang belum disterilkan.


Demikian tips haji sehat, selamat melaksanakan ibadah Haji dan menjadi Haji Mabrur. (*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.