Berita

Doni Monardo: Mayoritas Kematian Akibat Covid-19 dari Penyakit Komorbid

Selasa, 02 Maret 2021 - 17:13
96.19k
Doni Monardo: Mayoritas Kematian Akibat Covid-19 dari Penyakit Komorbid Tenaga medis dengan alat dan pakaian pelindung bersiap memindahkan pasien positif Covid-19 dari ruang ICU menuju ruang operasi di Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta. (FOTO: REUTERS/Willy Kurniawan)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mayoritas kasus kematian akibat Covid-19 berasal dari kelompok usia di atas 47 tahun dengan penyakit komorbid. Hal itu dipaparkan oleh Ketua Satuan Tugas atau Satgas Covid-19, Doni Monardo.

"Terdapat 5 persen mereka yang wafat ini adalah kelompok usia di atas 47 tahun, dengan komorbid, dan resiko yang lebih tinggi lagi mereka yang memiliki komorbid lebih dari satu," jelasnya di acara ‘Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca Pandemi’ pada Selasa (2/3/2021).

Ia juga menyampaikan, di Jawa Timur, 92 persen angka kematian akibat Covid-19 berasal dari pasien yang memiliki penyakit komorbid. Terutama diabetes.

Saat ini kata dia, untuk total jumlah pasien yang meninggal karena Covid-19 di Indonesia, yakni sudah mencapai 36.325 kasus. Akan tetapi, angka mortalitas di Tanah Air lebih baik daripada di negara-negara lain.

"Walaupun kalau kita bandingkan dengan salah satu negara di dunia, di mana angka kematiannya mencapai angka tertinggi yaitu 527 ribu jiwa," katanya.

"Padahal negara tersebut memiliki semua kemampuan kekuatan sumber daya anggaran yang besar, tapi nyatanya angka kematian mencapai 20-25 persen dari angka kematian global," ujar Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.