Berita

CEK FAKTA: Salah, Syarat Akses ke Facebook Wajib Divaksin

Sabtu, 22 Januari 2022 - 09:52
CEK FAKTA: Salah, Syarat Akses ke Facebook Wajib Divaksin Unggahan gambar yagn berisi syarat untuk dapat mengakses Facebook wajib memasukan ID vaksin.

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Beredar tangkapan layar di media sosial dengan narasi bahwa syarat untuk dapat mengakses aplikasi di Meta seperti Facebook adalah wajib menunjukkan identitas sertifikat vaksin

Kabar tersebut dibagikan akun Facebook: Fadh Channel (https://www.facebook.com/fadhchannel) pada 29 Oktober 2021. Akun tersebut mengunggah tangkapan layar logo Meta dengan tulisan sebagai berikut:

Confirm your identity.

To log into your facebook account, you need to first confirm your identity

Log in with your Vaccine ID

Terjemahan:
Konfirmasi identitas Anda. 

Untuk masuk ke akun facebook Anda, Anda harus terlebih dahulu mengkonfirmasi identitas Anda. 

Masuk dengan ID vaksin Anda.

Selain tangkapan layar, akun Facebook Fadh Channel juga menyertakan narasi dalam unggahannya sebagai berikut:

Akan datang di Facebook (Meta)
Hanya yang divaksin dapat akses aplikasi di Meta seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Messenger.
(masih teori konspirasi)
Faiz Basri

cek fakta Syarat Akses ke Facebook Wajib DivaksinSumber: Facebook (https://www.facebook.com/fadhchannel/posts/421835582671767)

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim tentang syarat untuk dapat mengakses aplikasi di Meta seperti Facebook adalah wajib menunjukkan identitas sertifikat vaksin, salah. Penelusuran kami dengan mesin pencari, kabar tersebut ditepis oleh pihak Meta.

Juru bicara Meta, Andy Stone menepis kabar tersebut. Melalui akun Twitternya, Andy menyatakan jika unggahan berupa tangkapan layar yang menunjukkan syarat untuk dapat mengakses aplikasi di Meta seperti Facebook adalah wajib divaksinasi adalah palsu.

“This is fake,” tulis Andy di akun Twitter resminya, @andymstone pada 11 Januari 2022.

cek fakta Syarat Akses ke Facebook Wajib Divaksin 2Sumber: Twitter/@andymstone

Pemeriksaan atas klaim serupa juga telah dilakukan reuters.com. Reuters menyebut gambar tangkapan layar tersebut telah beredar setidaknya sejak 29 Oktober 2021. Simpulan Reuter, gambar tersebut bukan layar login otentik untuk mengakses Facebook.

cek fakta Syarat Akses ke Facebook Wajib Divaksin 3Sumber: Fact Check-Facebook login screenshot requesting vaccine ID is fabricated, says Meta | REUTERS

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim tentang syarat untuk dapat mengakses aplikasi di Meta seperti Facebook adalah wajib menunjukkan identitas sertifikat vaksin, salah alias palsu. Pihak Meta menepis hal tersebut.

Menurut misinformasi/disinformasi yang dikategorikan oleh FirstDraft, konten tersebut masuk ke dalam kategori misleading content (konten menyesatkan). Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.