Berita

Ngeri, Tanah Longsor di Italia Menyeret Apa Saja Sampai ke Laut

Minggu, 27 November 2022 - 09:24
Ngeri, Tanah Longsor di Italia Menyeret Apa Saja Sampai ke Laut Para penyelamat berdiri di samping bus yang terperosok karena tanah longsor di Kepulauan Ischia, pulau wisata i Italia, Sabtu (26/11/2022). (Foto: AP Photo/Salvatore Laporta)

TIMES JAKARTA, JAKARTATanah longsor di Casamicciola pulau Ischia dekat Naples, Italia yang dipicu hujan lebat menyapu rumah-rumah dan menyeretnya sampai ke laut.

Sejauh ini satu korban seorang wanita dan sejumpah orang lain hilang dan dikhawatirkan tewas tertimbun lumpur bercampur puing-puing bangunan dan kendaraan.

Jenazah wanita yang ditemukan di Piazza Maio, salah satu area pertama yang disisir ini tim penyelamat itu telah diidentifikasi. Tim penyelamat sedang berusaha keras menggali lumpur untuk mencari para korban. 

Wanita ini diidentifikasi sebagai seorang warga negara Timur yang menikah dengan seorang pria asal Ischia.  

Sebanyak 70 orang dari pemadam kebakaran berjibaku di tempat, bersama dengan personel dari Perlindungan Sipil dan dari kepolisian, tetapi. Operasi penyelamatan  dipersulit oleh kondisi cuaca buruk.

Sebanyak 20 kendaraan digunakan, termasuk helikopter, drone, dan peralatan pemindah tanah. Petugas sempat menemukan keluarga dengan bayi yang baru lahir.

"Prefektur bersama dengan Daerah memerintahkan evakuasi sekitar 200 orang," kata Menteri Dalam Negeri, Matteo Piantedosi.

Daerah terparah oleh kekuatan tanah longsor itu adalah pelabuhan Casamicciola dan Piazza Bagni.

Tanah bercampur lumpur yang longsor itu berasal dari Gunung Epomeo, menyapu vegetasi. Pohon-pohon bertumbangan seperti skittles meninggalkan sisi-sisinya telanjang. gunung.

Sedikitnya selusin mobil dan dua bus wisata terseret ke laut. Beberapa mobil itu berakhir di air, yang lain terendam lumpur. Lauut di pelabuhan yang tadinya biru jernih berubah menjadi coklat karena aliran lumpur yang turun dari gunung itu. 

Lusinan rumah tertelan lumpur. Cuaca buruk menghambat tim penyelamat.

Penduduk Lisa Mocciaro mengatakan kepada kantor berita Ansa: "Kami mulai mendengar guntur keras sekitar pukul 03:00 (02:00 GMT), kemudian tanah longsor pertama turun, diikuti oleh yang kedua sekitar pukul 05:00. Mengerikan," katanya seperti dilansir BBC.

Menteri Dalam Negeri Italia, Matteo Piantedosi mengatakan kepada wartawan, bahwa situasinya sangat rumit dan orang-orang yang hilang diyakini terperangkap di bawah lumpur sedalam hingga 155mm (6.1in) setelah hujan turun dengan lebat selama enam jam.

Hujan deras waktu itu mengguyur Campania, wilayah sekitar Napoli dan Ischia, selama beberapa hari. Peringatan cuaca untuk curah hujan dan angin kencang diberlakukan hingga Minggu.

Pada hari Kamis, dua orang tewas akibat cuaca buruk di wilayah tersebut. Seorang turis Argentina tenggelam setelah tersapu ke laut saat badai pantai, sementara seorang pria tersambar petir di pantai.

Otoritas setempat mengimbau warga untuk tinggal di rumah agar tidak mengganggu layanan darurat.

Sebelumnya, Menteri Infrastruktur Italia, Matteo Salvini mengatakan delapan orang tewas akibat tanah longsor. Ia menambahkan, dari utara ke selatan, negara ini perlu dilindungi karena merupakan negara terindah di dunia. Seperti Capri di dekatnya, Ischia, di Laut Tyrrhenian, adalah tujuan liburan populer bagi turis dan orang Italia. Ischia tampil dalam serial buku populer Neapolitan Novels karya Elena Ferrante dan menjadi latar belakang film tahun 1999 The Talented Mr Ripley. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Widodo Irianto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.