Berita

Syarief Hasan Dorong Optimalisasi Potensi Desa untuk Naikkan Kesejahteraan 

Rabu, 10 Agustus 2022 - 11:14
Syarief Hasan Dorong Optimalisasi Potensi Desa untuk Naikkan Kesejahteraan  Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan menunjukan produk UKM Desa Ciputri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (9/8/2022). (foto: dok MPR RI)

TIMES JAKARTA, CIANJUR – Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengungkapkan bahwa desa-desa di Indonesia pasti memiliki potensi yang jika dikembangkan secara optimal dan maksimal, serta dikelola secara profesional, pasti akan menaikkan kesejahteraan rakyat pedesaan secara keseluruhan.

"Banyak sekali potensi desa yang bisa dikembangkan seperti kuliner khas, wisata alam, dan kekayaan seni budaya.  Namun, kebanyakan semua itu dikelola rakyat secara individu dan masih memakai cara tradisional.  Pendampingan tentang perlunya pengelolaan kekayaan desa untuk meningkatkan produksi dan perluasan jaringan pemasaran perlu diperkuat," katanya.

Hal tersebut diutarakan Pimpinan MPR dari Partai Demokrat ini usai menghadiri sekaligus menjadi narasumber utama acara diskusi interaktif  'Dengar Pendapat Masyarakat' di aula Sarongge Valley kerjasama MPR RI dengan Pemerintah Desa Ciputri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (9/8/2022).

Selain diskusi, acara tersebut juga menghadirkan pameran beragam produk kuliner lokal masyarakat yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ciputri.  Turut Hadir dalam diskusi, Kepala Desa Ciputri Nia Novi Hertini, Ketua BUMDes Irfan Nasution dan sekitar 100 orang masyarakat sekitar sebagai peserta.

Kehadiran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di setiap desa, lanjut Syarief Hasan, harus didukung agar tetap bertahan dan lebih besar. "Begitu sampai di desa Ciputri ini, saya berkesempatan meninjau stand produk kuliner khas desa ini yang dikelola BUMDes  Saya perhatikan produknya beragam dengan kemasan yang tidak kalah dengan produk yang dijual di supermarket besar," ungkapnya.

Syarief-Hasan-b.jpg

Syarief Hasan mengatakan, dari penuturan pengurus, BUMDes Ciputri ini masuk 10 besar terbaik se Kabupaten Cianjur dan sekarang sedang mempersiapkan diri untuk menjadi yang terbaik  se Jawa Barat.  Selain produk kuliner, Syarief Hasan juga melihat desa Ciputri memiliki kekayaan seni budaya antara lain pencak silat.

"Saya saksikan aksi pencak silat yang dibawakan anak-anak usia sekolah sangat bagus dan bisa dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata budaya.  Dipertemuan dengan para seniman desa, saya menangkap mereka memang  sangat mencintai budayanya secara total dan saya sangat apresiasi.  Dukungan perlu diberikan kepada para pejuang budaya ini," paparnya.

Melihat betapa pentingnya pengembangan produk lokal buat kesejahteraan rakyat desa, mantan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia pada era kepemimpinan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membeli produk lokal desa.

"Saya sendiri membeli beberapa produk desa Ciputri ini, karena saya lihat produknya baik dan enak.  Ini juga sebagai bentuk dukungan nyata saya kepada rakyat desa.  Saya mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk mencintai produk desa demi bangkitnya perekonomian desa dan meratanya kesejahteraan rakyat," tandasnya. (*)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.