https://jakarta.times.co.id/
Berita

Kemenag RI Minta Media Center Haji Jadi Wadah Verifikasi dan Konfirmasi Isu Hoaks

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:45
Kemenag RI Minta Media Center Haji Jadi Wadah Verifikasi dan Konfirmasi Isu Hoaks Sekjen Kemenag Nizar Ali (kiri). (FOTO: dok. Kemenag)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Sekjen Kemenag RI) Nizar Ali menyampaikan peran Media Center Haji (MCH) sangat penting dalam memberikan informasi yang akurat dan tepat kepada masyarakat dan juga Jemaah Calon Haji atau JCH Indonesia.

Menurutnya, MCH menjadi pusat kegiatan peliputan, informasi, dan publikasi tentang kegiatan penyelenggaraan ibadah haji, baik di Tanah Air maupun di Arab Saudi. Keberadaan MCH diharapkan menjawab ekspektasi terkait layanan informasi, konfirmasi, dan edukasi publik.

“MCH selama ini terbukti berperan penting dalam proses penyelenggaraan ibadah haji. Misalnya, sukses layanan informasi pada peristiwa jatuhnya crane dan desak-desakan jemaah di Mina pada 2015, tidak terlepas dari peran penting MCH,“ ucap Nizar dalam acara edukasi sekaligus Pembinaan MCH 1443H/2022M, di Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Nizar mengatakan, pelaksanaan ibadah haji tahun ini digelar dalam suasana pandemi dan diperkirakan juga dalam cuaca yang sangat panas.

“Keberadaan MCH juga sangat penting dalam mengedukasi jemaah beserta keluarganya akan pentingnya kepatuhan terhadap protokol kesehatan dan disiplin dalam perilaku hidup sehat,“ kata Nizar.

Nizar juga meminta kepada MCH menjadi wadah verifikasi dan konfirmasi terhadap isu hoaks dan konten yang tidak faktual dan viral di tengah masyarakat.

Tidak lupa Sekjen Kemenag Nizar Ali juga menjelaskan bahwa tim MCH dan petugas haji lainnya juga mendapatkan hak untuk melaksanakan ibadah haji tahun 1443H/2022M ini.

“Ini tentu menjadi kesempatan yang sangat mahal dan berharga, karena antrian Jemaah Calon Haji Indonesia yang demikian panjang. Selamat bertugas, semoga sukses dalam tugasnya dan mabrur hajinya,“ tandas Sekjen Kemenag RI Nizar Ali dalam edukasi dan pembinaan Media Center Haji. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.