Berita

Satgas Covid-19: Penyaluran Bantuan Korban Bencana Harus Terapkan Protokol Kesehatan

Rabu, 20 Januari 2021 - 19:00
Satgas Covid-19: Penyaluran Bantuan Korban Bencana Harus Terapkan Protokol Kesehatan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (FOTO: BNPB).

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan penyaluran bantuan kepada para korban bencana alam harus tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan karena saat ini masih pandemi Covid-19.

"Selama evakuasi dan penyaluran bantuan berlangsung pemerintah mengimbau segenap petugas dan relawan untuk disiplin protokol kesehatan," kata Wiku dikutip Antara, Rabu (20/1/2021).

Satgas juga mengimbau pemerintah daerah, petugas, dan relawan yang sedang di lokasi bencana dapat bahu-membahu mengingatkan masyarakat untuk sebisa mungkin menaati protokol kesehatan.

Sejauh ini, satgas berusaha responsif terhadap kekhawatiran penularan Covid-19 dengan melaksanakan tes usap antigen massal pada daerah-daerah terdampak bencana, salah satunya di Majene, Sulawesi Barat.

"Nantinya pengungsi yang reaktif akan dirujuk ke Dinas Kesehatan setempat untuk penanganan lebih lanjut," ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan, satgas mengantisipasi risiko penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 di tempat pengungsian dengan memisahkan lokasi pengungsian, antara kelompok rentan yaitu lanjut usia (lansia) dan penderita komorbid, dengan kelompok yang berusia muda demi mencegah Covid-19.

Satgas Covid-19 berharap, semua pihak memperhatikan protokol kesehatan, arahan dan imbauan pemerintah dalam mencegah terjadinya penularan Covid-19 di masyarakat, termasuk saat penyaluran bantuan terhadap korban bencana.(*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.