Berita

Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru, PDI Perjuangan Terjunkan BAGUNA

Selasa, 07 Desember 2021 - 14:10
Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru, PDI Perjuangan Terjunkan BAGUNA ILUSTRASI - Kondisi Dusun yang ada di Kecamatan Supiturang setelah diterjang banjir lahar material Gunung Semeru. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, sehari setelah erupsi Gunung Semeru, Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) partai langsung bergotong royong membantu evakuasi pengungsi, pembuatan dapur umum, hingga bantuan selimut, masker dan obat-obatan. 

"BAGUNA PDI Perjuangan Provinsi Jatim memimpin tanggap darurat dengan dibantu BAGUNA dari DPC Lumajang, Surabaya, dan hari ini diperkuat dengan DPC Malang, Jember, dan Banyuwangi," ucap Hasto dalam keterangan resmi yang diterima TIMES Indonesia, Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Seperti diberitakan, Gunung Semeru memuntahkan material vulkanik berupa guguran awan panas dan abu vulkanik saat erupsi pada Sabtu 4 Desember 2021 sore.

Erupsi Gunung Semeru terjadi sekitar pukul 15.00 WIB, dimana awan panas keluar disertai material vulkanik dimuntahkan mengarah ke Curah Kobokan sejauh 10 - 11 kilometer dari kawah Gunung Semeru.

pasca erupsi semeru 2

Data BNPB, korban erupsi Gunung Semeru terus bertambah di hari kedua pencarian pada Senin (6/12/2021). Tercatat ada 22 korban meninggal telah ditemukan tim penyelamat gabungan di beberapa lokasi. Sebanya 16 korban diantaranya sudah berhasil diidentifikasi.

"Guna mengoordinasikan penangganan bencana, Ketua Umum Partai, Megawati Soekarnoputri langsung menugaskan Ribka Tjiiptaning, Sri Rahayu, dan Sadar Restu untuk memimpin gerak BAGUNA di dalam membantu rakyat korban letusan Gunung Semeru," imbuhnya.

Sementara Kepala Baguna Pusat Max Ruland Boseke dan Sekretaris BAGUNA Alvian Feoh diminta Ketua Umum Megawati untuk melakukan gelar pasukan BAGUNA se Jabodetabek guna mengantisipasi banjir di wilayah tersebut. 

"Bu Risma dalam kapasitas sebagai Menteri Sosial langsung turun ke lapangan, melakukan koordinasi dengan BMKG, BNPB, BASARNAS dan dengan aparatur pemerintah daerah termasuk melakukan relokasi tempat pengungsian ke daerah aman setelah mendapatkan informasi dari Direktorat Jendral Vulkanologi dan Geologi Kementrian ESDM," ungkap Hasto.

Hasto mengklaim, BAGUNA PDI Perjuangan terbukti aktif bergerak dengan semangat gotong royong membantu rakyat tanpa membeda-bedakan pilihan politiknya.

"Motto Baguna sebagaimana ditetapkan oleh Ibu Mega, yakni tanggap darurat, gerak cepat, tepat sasaran, telah diterjemahkan dalam protap operasional dalam penanggulangan bencana," ucapnya.

"Apa yang dilakukan oleh PDI Perjuangan, termasuk melalui gerak cepat BAGUNA di dalam menolong rakyat, terbukti efektif dan rakyat terus memberikan kepercayaan kepada partai." demikian tutup Hasto Kristiyato terkait kerja partainya menyusul erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.  (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.