Berita

Nurul Ghufron Sebut KPK RI Harus Belajar Integritas ke Kemenag RI

Rabu, 01 Desember 2021 - 22:01
Nurul Ghufron Sebut KPK RI Harus Belajar Integritas ke Kemenag RI Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK RI), Nurul Ghufron. (FOTO: Antara)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK RI), Nurul Ghufron mengatakan, soal integritas pihaknya harus belajar dari Kementerian Agama (Kemenag RI).

"Ini mestinya Kemenag bukan kami (KPK) ceramahi, bukan kami ajari, KPK datang kalau mengajari teman-teman para kiai di Kemenag itu sama dengan mengajari ikan berenang," katanya dalam webinar Komitmen Kementerian Agama Meningkatkan Integritas dan Budaya Anti Korupsi, Rabu (1/12/2021).

Ia mengatakan, ilmu para profesor, kiai, pastor dan pendeta di Kemenag RI lebih banyak dari pada KPK. Ilmu yang dimiliki KPK hanya secuil.

Ia juga mengingatkan, korupsi bukan hanya penyakit hukum dan tidak bisa didekati hanya dengan hukum, lalu ditangkap dan dijebloskan ke penjara.

Maka KPK RI saat ini menggunakan tiga strategi untuk memberantas korupsi. "Pertama, penindakan supaya takut dan jera pelakunya," jelasnya.

Kedua lanjut pria asal Sumenep Jawa Timur itu, menggunakan sistem tata kelola kewenangan dan penyelenggaraan pemerintah, serta tata kelola keuangan negara dan layanan publik.

Sistem dibuat agar terbuka supaya tidak bisa korupsi. Karena korupsi biasanya terjadi di ruang-ruang sempit atau di ruang privat.

Maka setiap pengambilan keputusan, kalau mau berkomitmen memberantas korupsi, terbukalah. Artinya terbuka sejak melakukan pengumuman programnya sampai prosesnya, sehingga memungkinkan semua orang bisa mengaksesnya.

"Transparansi (terbuka) itu bukan hanya untuk diketahui, tapi semua orang, kalau pegawai semua pegawai yang memenuhi syarat bisa mengakses," ujarnya.

Yang ketiga lanjut Wakil KPK RI itu yakni partisipatif. "Orang luar bukan hanya internal bisa memberikan masukan, kritik dan saran. Lakukan itu kalau benar mau berkomitmen untuk melakukan pemberantasan korupsi," ujarnya. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.