Berita

Melalui Kolaborasi, Menag RI Yakin Penguatan Moderasi Beragama Dapat diraih

Rabu, 20 Oktober 2021 - 19:38
Melalui Kolaborasi, Menag RI Yakin Penguatan Moderasi Beragama Dapat diraih Menag Yaqut saat membuka Konferensi Nasional Moderasi Beragama yang digelar Dewan Dosen Indonesia dan Y-Time Jawa Tengah secara virtual. (FOTO: Dok. Kemenag/A. Furqon)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Menteri Agama (Menag RI) Yaqut Cholil Qoumas membuka Konferensi Nasional moderasi beragama yang digelar Dewan Dosen Indonesia dan Y-Time Jawa Tengah secara virtual, Rabu (20/10/2021).

Moderasi beragama menurut Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas merupakan obat manjur untuk menghadapi tantangan kehidupan beragama. Karenanya, diperlukan kolaborasi dan kontribusi semua pihak untuk melakukan penguatan Moderasi Beragama, termasuk dari pihak akademisi. 

Para-peserta-Konferensi-Nasional-Moderasi-Beragama.jpgPara peserta Konferensi Nasional Moderasi Beragama. (FOTO: Dok. Kemenag/A. Furqon)

“Para dosen di Dewan Dosen Indonesia, misalnya, dapat berkontribusi dengan pengembangan kajian yang memperkuat konsepsi moderasi beragama dan penerapannya di berbagai segmen kalangan masyarakat,“ ujar Menag.

Pria yang sering disapa Gus Menteri meyakini, dengan kolaborasi semua pihak, seperti Pemerintah, ormas keagamaan, ormas pemuda, kalangan kampus, LSM, dan segenap masyarakat, maka upaya penguatan moderasi beragama dapat diraih. 

Menag-yakin-dengan-kolaborasi-semua-pihak-penguatan-Moderasi-Beragama-dapat-diraih.jpgMenag yakin dengan kolaborasi semua pihak, penguatan Moderasi Beragama dapat diraih. (FOTO: Dok. Kemenag/A. Furqon) 

“Dalam kesempatan yang baik ini, saya ingin menegaskan ajakan kepada semua pihak untuk terus bekerjasama dan berkolaborasi, memerankan perannya masing-masing secara sinergis,“ ungkap Menag RI yang hadir secara virtual mewakili Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. 

Dengan demikian, lanjut Menag RI, harapan dan cita-cita bersama untuk terwujudnya kerukunan, kedamaian, dan keharmonisan bersama, dapat terwujud. 

Menag RI juga mengungkapkan, sebagai leading sector penguatan Moderasi Beragama, Kementerian Agama (Kemenag) terus berupaya melakukan kajian pengembangan moderasi beragama, termasuk pengukuran keberhasilannya. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.