Berita

Buka Konstruksi Indonesia 2022, Menteri PUPR RI Ajak Gunakan Produk Dalam Negeri

Sabtu, 26 November 2022 - 21:54
Buka Konstruksi Indonesia 2022, Menteri PUPR RI Ajak Gunakan Produk Dalam Negeri Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat membuka dan menghadiri Konstruksi Indonesia 2022 di Jakarta, Rabu (23/11/2022).  (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono mengatakan sesuai dengan perintah Presiden RI Jokowi, pekerjaan infrastruktur utamanya yang menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) harus menggunakan produk dalam negeri.

"Dengan ajang pameran konstruksi ini, saya mengajak semua untuk memajukan industri konstruksi Indonesia dengan nilai-nilai juang untuk pembangunan infrastruktur mandiri yang menggunakan produk dalam negeri," kata Menteri Basuki saat membuka Konstruksi Indonesia 2022 di Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Sementara untuk produk barang yang belum bisa diproduksi mandiri di dalam negeri, Menteri Basuki mengatakan Pemerintah mengajak produsen untuk dapat mendirikan pabrik di Indonesia.

"Jangan sampai kita membeli tetapi hanya membuka peluang kerja di luar, harus bisa membuat peluang lapangan kerja di Indonesia," pesan Menteri Basuki. 

Dikatakan Menteri Basuki, dari sekitar Rp400 triliun APBN untuk pembangunan infrastruktur, mayoritas telah dikucurkan untuk barang-barang komponen dalam negeri.

Menteri-Basuki-1.jpg

"Khusus di Kementerian PUPR, dari rata-rata anggaran Rp120 triliun per tahun, 80-90% adalah dengan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri)," ujarnya.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Konstruksi Kementerian PUPR RI Yudha Mediawan mengatakan ada sebanyak 94 peserta dalam Infrastructure Connect 2022. Adapun 79 peserta pameran tersebut berasal dari industri dalam negeri dan 15 lainnya berasal dari luar negeri.

"Termasuk 4 pelaku usaha yang telah terdaftar dalam e-katalog Kementerian PUPR, untuk alat berat, alat laboratorium Bina Marga dan Aspal Buton (Asbuton)," kata Yudha.

Konstruksi Indonesia 2022 resmi digelar pada 23-25 November 2022 di Hall D2, Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat. Pameran ini menggabungkan 3 acara dalam 1 wadah, yaitu Konstruksi Indonesia, Indonesia Infrastructure Week, dan Beton Indonesia.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan pentingnya penerapan TKDN dalam sektor konstruksi adalah untuk membuat Indonesia mandiri. Untuk itu ia mengajak agar pelaku usaha untuk turut mendukung strategi Pemerintah yang telah berkomitmen untuk mendorong TKDN pada setiap aspek, terutama pada sektor konstruksi.

Menteri-Basuki-2.jpg

"Untuk mewujudkan perkembangan infrastruktur TKDN dan bisa berdiri sendiri diperlukan seperti peningkatan kapasitas dan kualitas SDM nasional," kata Arsjad. 

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Taufik Widjoyono, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR RI Muhammad Zainal Fatah, Inspektur Jenderal Kementerian PUPR RI T Iskandar, Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR RI Yudha Mediawan, Kepala BPIW Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra, Kepala BPSDM Kementerian PUPR RI Khalawi AH, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja, dan Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Hubungan Antar Lembaga Asep Arofah Permana. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.