Berita

Ketua DPR Tegaskan Kekuatan Hukum Bagi Keberlanjutan Pembangunan IKN

Rabu, 22 Juni 2022 - 22:27
Ketua DPR Tegaskan Kekuatan Hukum Bagi Keberlanjutan Pembangunan IKN Ketua DPR RI Puan Maharani dan Presiden Jokowi saat meninjau lokasi IKN Nusantara. (FOTO: dok DPR)

TIMES JAKARTA, JAKARTAKetua DPR RI Puan Maharani bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, Rabu 22 Juni 2022. Ketua DPR ke lokasi ini atas permintaan Presiden untuk melihat perkembangan proyek pembangunan ibu kota negara baru.

Kunjungan kerja diikuti sejumlah pemimpin redaksi (Pemred) media massa nasional. Beberapa menteri ikut mendampingi yaitu Mensesneg Pratikno, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Dalam sesi wawancara dengan Pemred Metro TV, Arief Suditomo, Puan dimintai tanggapan mengenai kekhawatiran sejumlah kalangan soal pembangunan IKN Nusantara tidak akan berlanjut setelah ada pergantian presiden. Ditegaskan UU Nomor 3/2022 tentang IKN mengamanahkan pembangunan ibu kota negara baru harus dilaksanakan hingga tahun 2045.

"UU IKN sudah disahkan di DPR artinya sudah ada panduan hukum (Presiden baru), harus meneruskan atau melanjutkan IKN ke depan," kata Puan.

Ketua DPR menekankan UU IKN sudah mengatur pembangunan IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara dilakukan secara multiyears sebab diprediksi megaproyek itu akan memakan waktu selama 23 tahun. Ia menyebut masalah anggaran pembangunan IKN Nusantara sudah dipersiapkan dengan matang.

"Anggaran sudah disiapkan di APBN bahwa kegiatan ini akan dilakukan multiyears. Maka DPR sudah berkoordinasi melalui Badan Anggaran dengan Kementerian Keuangan untuk nantinya itu bisa merealisasikannya," ucap Puan. 

"Sehingga ketika ada pergantian tampuk kepresidenan, Insyallah IKN masih tetap bisa berjalan sambil menunggu presiden yang akan dilantik," sambung perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Mantan Menko PMK itu menambahkan, visi Pemerintahan untuk pembangunan IKN Nusantara sudah jelas. Puan Maharani menyatakan komitmen DPR RI untuk mendukung visi pembangunan ibu kota negara baru.

"Tadi sudah disampaikan Bapak Presiden bahwa Insyaallah tahun 2024, kawasan inti IKN Nusantara sudah akan selesai," jelasnya.

Ketua DPR RI berjanji akan terus mengawal pembangunan IKN Nusantara sebagai bentuk pengawasan DPR. Ia juga menyatakan akan secara berkala datang ke IKN Nusantara untuk mengecek perkembangan pembangunan.

"Karena APBN yang akan membiayai pembangunan kawasan inti IKN sehingga sebagai perwakilan rakyat kami punya kewajiban mengawal," tutur Puan.

Ia percaya pembangunan IKN Nusantara bukan sekadar proyek imajinasi tapi proyek nyata dengan penekanan pemerataan pembangunan di Indonesia. Hal itu sekaligus menepis anggapan keberpihakan pemerintah hanya Jawa Sentris dalam melaksanakan pembangunan nasional.

"Saya berharap pasca 2024 tidak ada hal-hal emergency ataupun musibah-musibah seperti yang lalu, pandemi Covid-19, sehingga semua bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan," sebut Puan. (*)

Pewarta : Sumitro
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.