https://jakarta.times.co.id/
Ekonomi

Deal, Freeport Bangun Smelter di JIIPE Gresik Berkapasitas 1,7 Juta Ton

Jumat, 16 Juli 2021 - 06:55
Deal, Freeport Bangun Smelter di JIIPE Gresik Berkapasitas 1,7 Juta Ton Proyek smelter PT Freeport Indonesia yang berlokasi di kawasan industri JIIPE, Gresik, Jawa Timur dalam proses penguatan lahan di tahun 2019 (PT Freeport Indonesia for TIMES Indonesia)

TIMES JAKARTA, GREESIK – PT Freeport Indonesia akhirnya memilih kawasan Java Integrtaed Industrial and Port Estate (JIIPE Gresik) Jawa Timur sebagai lokasi pembangunan smelter berkapasitas 1,7 Juta Ton konsetrat per tahun.

Untuk kegitaan Enggenering, Procurement dan Consteuction (EPC) PT Freeport menggandeng PT Chiyoda Internasional Indonesia deng pengerjaan fasilitas Precious Metal Refinery (PMR).

Melalui keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas mengatakan penandatanganan kontrak ini menegaskan komitmen perusahaan membangun smelter sesuai kesepakatan divestasi tahun 2018.

"Di tengah pandemi Covid-19, seluruh pihak yang terlibat akan melakukan penyesuaian agar kami dapat terus bekerja sambil mengedepankam kesehatan dan keselamatan seluruh tenaga kerja serta masyarakat sekit," katanya, Jumat (16/7/2021).

Sementara itu, Direktur PT Chiyoda Internasional Indonesia Naoto Tachibana menyatakan, dengan pengalaman sebagai salah satu perusahan terkemuka di dunia, dirinya optimis pengerjaan smelter akan selesai sesuai target.

Naoto mengungkapkan saat ini pihaknya telah melakukan pengadaan barang serta penyiapan area untuk peralatan dan material konstruksi. "Kami akan melakukan yang terbaik memastikan proyek ini dapat diselesaikan tepat waktu," tambahnya.

Dirjen Mineral dan Batubara Kementrian ESDM RI, Ridwan Djamaluddin menyatakan dirinya menyambut baik penandatanganan kontrak kedua belah pihak. Pemerintah mendorong akselerasi proyek ini.

"Penandatanganan kontrak ini menjadu energi positif di tengah tantangan yang dihadapi. Kami mendorong akselerasi ini dan akan terus bekerjasama dengan untuk membantu memastikan pengerjaan proyek selesai tepat waktu," tutupnya menanggapi pengerjaan proyek smelter Freeport Indonesia di JIIPE Gresik berkapasitas 1,7 Juta Ton konsetrat. (*)

Pewarta : Akmalul Azmi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.