https://jakarta.times.co.id/
Ekonomi

Sinergitas Membangun Ekonomi, Pemprov DKI Gandeng Pemkab Blitar dan Gorontalo

Jumat, 22 Oktober 2021 - 12:36
Sinergitas Membangun Ekonomi, Pemprov DKI Gandeng Pemkab Blitar dan Gorontalo Ilustrasi - ekonomi Indonesia. (FOTO: dok UIN Jakarta)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Sinergitas adalah cara jitu yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam melakukan membangun. Misalnya, Pemprov DKI Jakarta saat ini baru saja menjalin kerja sama antardaerah bersama Pemkab Gorontalo dan Pemkab Blitar.

Hal itu dalam rangka membantu upaya pemerintah pusat untuk percepatan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19.

Mantan Mendikbud RI itu menyampaikan, kerja sama dengan Pemkab Gorontalo dilakukan Pemprov DKI sebagai upaya mengembangkan potensi masing-masing daerah dan peningkatan pelayanan publik. Dengan Pemkab Blitar, adalah upaya menjalin sinergisitas, dalam rangka penyediaan kebutuhan pangan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah kerja masing-masing.

"Indonesia terlalu besar untuk kita bekerja sendiri-sendiri. Pemerintahan Pusat telah menjalankan berbagai macam program. Kita di daerah mendukung dengan percepatan ekonomi melalui kerja sama antardaerah seperti ini. Melalui hal ini kita berharap bisa berjalan bersama secara berkelanjutan, dengan saling memberikan manfaat," ujar Anies dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (22/10/2021).

Mantan rektor Paramadina itu menyampaikan, kolaborasi ini setelah ditetapkan harus bisa dikelola dengan baik. Pengelolaan harus dijalankan dengan mekanisme pasar yang baik, sehingga keberlanjutan kerja sama antardaerah terus berjalan, untuk jangka waktu yang lama.

Ia pun mendorong BUMD sebagai ujung tombak penyedia supply, sedangkan SKPD bertugas sebagai pengajuan demand. Sehingga stabilitas porsi kerja berjalan sesuai jalurnya. Inilah kata dia, mekanisme pasar yang pihaknya inginkan.

"Semoga kita di Jakarta, Blitar dan Gorontalo bisa saling merasakan manfaat. Kita juga bisa mewujudkannya secara nyata, melalui kerja sama yang berlandaskan keadilan sosial," ujarnya.

Vital dan Diperlukan

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menyampaikan, dalam situasi pandemi ini sistem perekonomian di tiap-tiap daerah pasti mengalami perubahan yang signifikan. Oleh karena itu kerja sama dengan Pemrov DKI Jakarta sangat vital dan diperlukan, sebagai pusat perekonomian nasional.

"Potensi kita di bidang pertanian, khususnya jagung. Lalu kita peternakan sapi dikembangkan, ini bisa menjadi awal kerjasama kita dengan DKI," katanya.

Bupati Blitar, Rini Syarifah menambahkan, kerja sama antardaerah bisa menjadi ajang diskusi, agar masing-masing pemerintahan daerah bisa saling menguatkan potensi wilayahnya.

Ini lanjut dia, akan menimbulkan hubungan timbal balik yang positif antarwilayah, serta membahagiakan warganya.

"Kita butuh kerja sama untuk menghadapi berbagai permasalahan, seperti ternak di wilayah kami di Blitar, yakni kebutuhan pakan berbasis jagung. Kita juga fokus mengembangkan hasil olahan ternak seperti telur dan budi daya ikan koi," ujarnya.

"Kami berharap potensi kerja sama daerah ini tidak hanya memfokuskan ciri khas daerah masing-masing, namun bisa saling bertukar produk," jelasnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan menyebutkan bahwa 2021 merupakan tahun bagi Jakarta untuk mulai bangkit, sebagaimana tujuan pemulihan ekonomi nasional akibat dampak pandemi Covid-19.

Menurutnya kunci untuk bangkit adalah kolaborasi karena Jakarta memiliki banyak sumber daya, sehingga pembangunan tidak hanya monopoli pemerintah.

“Jadi kata kolaborasi adalah cerminan dari mari kita bangun Jakarta sama-sama. Jakarta adalah milik kita. Kami sampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah ikut tanggung jawab, memilih untuk bersama mengurus, menjaga dan merawat Jakarta. Dengan harapan kolaborasi semua sumber daya yang ada di kota ini bisa digunakan untuk memajukan Kota Jakarta,” ujar Anies.

Anies menjelaskan kiat-kiat Jakarta untuk bangkit, di antaranya mengedepankan pendekatan kolaborasi dalam setiap program pembangunan, terlebih Plus Jakarta yang menunjukkan Jakarta sebagai kota kolaborasi.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memilih untuk melihat pembangunan di Jakarta sebagai kesempatan berkiprah bagi semua dengan mengajak semua elemen masyarakat terlibat berkarya untuk kotanya.

“Di Kota Jakarta ini, kita bertemu dengan begitu banyak yang terdidik, begitu banyak yang berkemampuan ekonomi, begitu banyak berkemampuan sosial yang bisa ikut bekerja bersama yang bisa kita libatkan," katanya.

"Setiap aspek tersebut kami menyebutnya dengan kegiatan kolaborasi, kegiatan kerja bersama. Kami di pemerintahan memiliki kewenangan, sedangkan masyarakat punya inovasi. Ketika semua itu digabungkan, maka menjadi kekuatan yang luar biasa,” ujarnya. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.