Ekonomi

Presiden RI Jokowi Tinjau Fasilitas Pengolahan Beras Rice to Rice Bulog Buatan BBI

Kamis, 22 Juli 2021 - 18:32
Presiden RI Jokowi Tinjau Fasilitas Pengolahan Beras Rice to Rice Bulog Buatan BBI Jokowi pantau mesin RTR untuk lihat stok beras di Bulog (Foto: Humas BBI)

TIMES JAKARTA, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) melakukan kunjungan kerja ke Badan usaha logistik (Bulog) Gudang 60 Kelapa Gading Jakarta. Dalam kunjungan tersebut Jokowi juga melihat fasilitas pengolahan beras Rice To Rice (RTR) milik Bulog hasil karya PT Boma Bisma Indra (BBI).

Jokowi melihat langsung alur proses produksi beras premium menggunakan fasilitas pengolahan beras terbaru milik Bulog yaitu RTR yang sudah terkoneksi dengan teknologi canggih dan didukung automatisasi sehingga menjadikan proses produksi lebih efektif dan efisien.

"Saya ingin memastikan bahwa stok nasional untuk beras itu cukup,” ungkap presiden Jokowi dalam sebuah video yang diunggah Youtube Sekretariat Presiden.

Arie Safitri, Sekretaris Perusahaan PT BBI menyambut positif kedatangan Jokowi dan menjelaskan ke media bahwa PT Boma Bisma Indra (Persero) dipercaya BULOG sebagai pelaksana pekerjaan Proyek Engineering, Procurement and Construction (EPC) Pembangunan Infrastuktur Pasca Panen RTR dengan kapasitas total 6 ton per jam.

RTR ini mengolah beras pecah kulit dan atau beras asalan menjadi beras dengan kualitas medium serta premium.

Selain fasilitas pabrik pemroses tersebut, fasilitas lain sebagai sarana penunjang kelancaran proses produksi juga harus dibangun dan terintegrasi bersama dengan pabrik utama.

Ada tujuh lokasi tempat pembangunan Infrastruktur Rice to Rice ini yaitu Jakarta, Indramayu, Sidrap, Sukoharjo, Sidoarjo , Lombok Timur dan Makasar. “Keberhasilan Penyelesaian pembangunan Infrastrukur Paska Panen Rice to Rice merupakan wujud sinergi BUMN sekaligus komitmen BBI dalam mendukung swasembada pangan yang telah dicanangkan oleh pemerintah,” ucapnya. (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.