Gaya Hidup

7 Tips Merawat Wajah Ala Doker Kecantikan Jember

Kamis, 14 Oktober 2021 - 11:11
7 Tips Merawat Wajah Ala Doker Kecantikan Sheila Soraya dr. Sheila Soraya, pemilik Haneeya Skincare Jember membeberkan tips untuk merawat kulit wajah. (Foto: dr. Sheila for TIMES Indonesia)

TIMES JAKARTA, JAKARTAMasalah kulit kerap kali menimpa kaum wanita, terutama wajah. Kebanyakan wanita memiliki masalah terhadap kulit wajah, mulai dari kering, kusam, berjerawat, flek hitam dan lainnya  Merawat kulit wajah merupakan salah satu cara terbaik untuk menghilangkan dan mencegah masalah-masalah yang bisa terjadi pada kulit wajah. 

dr. Sheila Soraya, pemilik Haneeya Skincare Jember mengatakan, bertambahnya umur seseorang akan mempengaruhi kondisi kulit. Selain itu, faktor lingkungan juga sangat mempengaruhi. 

"Untuk sekarang kan cuaca panas banget, kadang juga dingin banget. Disisi lain, kondisi medis tertentu seperti diabetes, dan lain-lain juga mempengaruhi," terangnya. 

Dokter kecantikan ini membeberkan beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu sebelum merawat kulit wajah. 

"Yang pertama itu, mengetahui Jenis Kulit. Jenis kulit kering, berminyak, kombinasi, atau berjerawat harus dikenali terlebih dahulu. Apabila ragu untuk menentukan jenis kulit yang dimiliki, bisa datang ke yang lebih expert," papar dr. Sheila. 

Menurutnya, penggunaan skincare sesuai jenis kulit juga perlu diperhatikan. Karena setiap skincare memiliki kandungan yang berbeda, begitupun dengan kebutuhan kulit yang juga berbeda setiap jenisnya. 

Berikut beberapa tips merawat wajah yang diungkap dr. Sheila melalui TIMES Indonesia.

1. Deep Cleansing

Membersihkan wajah setelah seharian penuh diluar ruangan maupun untuk menghapus make up, bisa diangkat menggunakan micelar water atau cleanser.

"Setelah itu, gunakan facial foam agar kotoran bisa terangkat secara maksimal. Kemudian aplikasikan toner, toner sendiri berfungsi untuk mengembalikan PH kulit" terang dokter kecantikan ini. 

2. Menggunakan Pelembab

Berbagai jenis kulit sangat dianjurkan untuk memakai pelembab yang sesuai, terutama dalam kondisi panas menyengat. 

"Kalau saya perhatikan satu dua minggu ini, di Jember ini panas banget. Indeks UV nya juga tinggi, nah itu kita wajib pakai tabir surya atau day cream yang sudah ada SPF," lanjutnya. 

Ia menambahkan, SPF minimal yang bisa diaplikasikan ke wajah adalah 30, mengingat kondisi cuaca yang panas. 

3. Minum Air Putih

Asupan cairan setiap orang berbeda-beda, tergantung dari berat badan masing-masing. Tetapi dr. Sheila menyarankan untuk meminum segelas air 220 ml setiap satu jam. 

"Ya memang akan banyak kencing, tapi kan itu juga untuk membersihkan racun-racun tubuh, menjaga kelembapan kulit," katanya. 

4. Makan Makanan Sehat

Makan makanan yang memiliki kadar air lebih seperti buah semangka, apel, jeruk juga bisa dikonsumsi setiap hari dan aman bagi kesehatan. 

5. Minum Vitamin

Selain untuk menjaga daya tahan tubuh, vitamin juga ada yang berfungi untuk menjaga kelembapan kulit. 

"Kalau untuk kulit itu vitamin E, vitamin C, vitamin B komplex dan lainnya," imbuhnya. 

6. Olahraga

Olahraga bisa menyehatkan tubuh, dengan tubuh yang sehat akan mempengaruhi kondisi kulit seseorang. Namun, dalam kondisi panas, dr. Sheila tidak menyarankan untuk melakukan olahraga diluar ruangan. 

"Kalau mau olahraga outdoor bisa dipagi hari tetapi juga harus menggunakan tabir surya," jelas dokter alumni Universitas Jember. 

5. Istirahat yang Cukup

Optimalnya istirahat malam adalah enam sampai tujuh jam, apabila kurang dari waktu tersebut, sudah dipastikan ada Keluhan kulit. Seperti mata panda, kulit menjadi kering, dan sebagainya. 

6. Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol

"Kandungan yang ada didalamnya bisa berpengaruh pada kulit dan membahayakan," terangnya. 

7. Hindari Stress Berlebihan

"Yang terakhir jangan stress, ya memang wajar lah kita stress, tapi pasti ada cara untuk mengelolanya," pungkas owner Haneeya Skincare Jember ini. (*)

Pewarta : Siti Nur Faizah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.