Gaya Hidup

Waspada, Kenali Ciri-ciri Gangguan Jiwa Bipolar

Rabu, 18 Mei 2022 - 14:29
Waspada, Kenali Ciri-ciri Gangguan Jiwa Bipolar Ilustrasi - Seseorang Dengan Gangguan Bipolar. (FOTO: klikdokter.com)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Akhir-akhir ini seringkali mendengar berita seputar gangguan bipolar baik dari masyarakat maupun kalangan artis. Sekilas, masyarakat memahami gangguan jiwa bipolar memiliki ciri-ciri perubahan suasana hati (mood) yang tidak stabil. Hal tersebut diketahui akan berubah-ubah dengan cepat dan tanpa alasan. 

Bipolar harus segera ditangani upaya tidak memberikan dampak buruk bagi dirinya dan lingkungan sekitarnya. Yang bisa memberikan diagnosa akurat mengenai ganguan bipolar yakni psikiater. Bipolar memiliki ciri-ciri yang dapat dikenali sejak dini dan terdapat dua episode sebagai berikut: 

Episode Mania, keadaan ini umumnya berlangsung selama satu jam, satu hari bahkan ada yang sampai satu minggu. Perilaku ekstrem yang tidak terkendali yakni gembira berlebihan, berbicara cepat, tidak tidur, bergerak terus-menerus, dan lebih waspada terhadap sekitarnya. Mungkin pada tahap ini penderita belum dikatakan akut, namun tetap harus dikenali dan juga cepat diatasi tetap memiliki dampak buruk bagi kesehariannya. 

Kedua adalah episode depresi, yang lebih menunjukkan ekspresi kesedihan diluar batas wajar. Hal ini cukup sedikit mengganggu karena bisa membuat seseorang bisa merasa menyerah dan tidak berguna. Ciri-ciri pada umumnya yakni tidak tertarik beraktivitas, seketika kehilangan energi, pola makan yang berubah, sulit fokus, dann bicara sedikit lambat. 

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab dari seseorang yang mengidap gangguan bipolar. Namun, dilansir dari halodoc.com hal ini disebabkan adanya ketidak seimbangan neurtransmitter yang memiliki peran untuk mengontrol otak. selain itu, terdapat beberapa hal yang kerap dihubungkan dengan munculnya gangguan bipolar antara lain stress tinggi, obat terlarang, dan minuman beralkohol. 

Oleh karenanya, pengidap gangguan ini bisa diterapi dengan tetap membaur kepada lingkungan sekitarny dengan begitu akan membantu mereka untuk mengontrol naik turunnya tingkat emosi yang dirasakan. Selain itu juga ada beberapa cara untuk menyembuhkan dengan memberikan beberapa obat-obatan kepada penderita tersebut. (*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.