https://jakarta.times.co.id/
Hukum dan Kriminal

Dikawal Ketat, Buronan Adelin Lis Pulang dengan Pesawat Carter

Sabtu, 19 Juni 2021 - 22:41
Dikawal Ketat, Buronan Adelin Lis Pulang dengan Pesawat Carter Buronan terpidana Adelin Lis tiba di Bandara Soekarno-Hatta dengan pengawalan petugas yang ketat. (Foto: Instagram Kejaksaan RI)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Daftar Pencarian Orang (DPO) Terpidana Adelin Lis berhasil ditangkap dan dipulangkan Pemerintah Indonesia kembali ke Jakarta, Sabtu (19/06/2021).

Pemulangan Buronan Terpidana Adelin Lis ini hasil upaya dan kerjasama Kejaksaan Republik Indonesia (Kejaksaan RI) dengan Pemerintah Singapura dan Direktorat Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham).

Buronan terpidana Adelin Lis dipulangkan ke Jakarta menggunakan pesawat carter Garuda Indonesia dari Singapura langsung ke Jakarta.

"Adelin Lis dipulangkan menggunakan pesawat carter yang dicarter oleh aparat penegak hukum atau kejaksaan," kata Kapuspenkum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, dalam konferensi persnya, Sabtu (19/06/2021).

uronan terpidana Adelin Lis tiba di Bandara Soekarno Hatta q

Sebagai buronan kasus pembalakan liar, Adelin Lis diberangkat dari Singapura sekitar pukul 17.40 WIB dengan pengawasan dan pengamanan dari petugas Kejaksaan yang turut serta dalam penerbangan tersebut.

"Terpidana memasuki Bandara Singapura dilakukan pengawalan yang cukup ketat oleh 4 orang petugas dari Kepolisian Singapura dengan memperlakukan terpidana dengan DPO berisiko tinggi. Sampai ke dalam pesawat dan yang bersangkutan duduk dengan seat nomor 57 T dan kami sampaikan selanjutnya dikawal oleh petugas dari Kejaksaan RI di seat 57 G dan 57 F," jelas Leonard.

Leonard Eben Ezer Simanjuntak

Leonard mengungkapkan Jaksa Agung ST Burhanuddin berterima kasih atas kerjasama otoritas Singapura terhadap bantuan kepada aparat penegak hukum Indonesia.

Adelin Lis merupakan buron kasus illegal logging yang kabur ke Singapura pada 2006 silam. Dia sempat tertangkap KBRI Beijing tapi kabur dari kawalan. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.