Hukum dan Kriminal

KPK RI Tetapkan Bupati Musi Banyuasin sebagai Tersangka, ini Rincian Kasusnya 

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 19:33
KPK RI Tetapkan Bupati Musi Banyuasin sebagai Tersangka, ini Rincian Kasusnya  Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin (FOTO: Dokumen/Sindow)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK RI) menetapkan Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin, sebagai tersangka kasus suap sejumlah proyek infrastruktur di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan.

Wakil Ketua KPK RI Alexander Marwata menyatakan, Dodi telah menerima suap dari Direktur PT Selaras Simpati Nusantara, Suhandy sebesar Rp2,6 miliar. Suhandi menyuap Dodi untuk meloloskan sejumlah tender proyek yang ditangani oleh perusahaannya.

Sementara itu, kasus ini bermula ketika Pemkab Musi Banyuasin pada tahun 2021 akan melaksanakan sejumlah proyek infrastruktur. Untuk melaksanakan proyek tersebut, KPK menduga sudah ada arahan dan perintah dari Dodi kepada Kepala Dinas PUPR, Herman Mayori dan Kepala Bidang Sumber Daya Air PUPR Eddi Umari.

"Total commitment fee yang akan diterima oleh DRA dari SUH dari 4 proyek dimaksud sejumlah sekitar Rp2,6 miliar. Pemberian uang tersebut sebagai tanda terimakasih oleh pengusaha, dia ingin perusahaan dipermudah menangani sejumlah proyek," kata Marwata di Jakarta, Sabtu (16/10/2021).

Selanjutnya, dalam proses pelaksanaan lelang tersebut direkayasa sedemikian rupa. Di antaranya dengan membuat daftar paket pekerjaan dan telah ditentukan calon rekanan yang akan menjadi pelaksanaan proyek tersebut.

Dodi juga telah menentukan besaran pemberian fee dari setiap nilai proyek paket pekerja di Kabupaten Musi Banyuasin, yakni 10 persen untuk dirinya, 3-5 persen untuk Herman, serta 2-3 persen untuk Eddi dan pihak terkait lainnya.

Perusahaan milik Suhandy kemudian yang telah ditetapkan sebagai pemenang lelang. Perusahaan tersebut memenangi empat paket proyek, di antaranya Rehabilitasi Daerah Irigasi Ngulak III (IDPMIP) di Desa Ngulak III, Kecamatan Sanga dengan nilai kontrak Rp2,39 miliar.

Kemudian peningkatan jaringan irigasi DIR Epil dengan nilai kontrak Rp4,3 miliar; peningkatan jaringan irigasi DIR Muara Teladan dengan nilai kontrak Rp3,3 miliar; serta normalisasi Danau Ulak Ria Kecamatan Sekayu dengan nilai kontrak Rp9,9 miliar.

Dalam perkara ini, KPK RI sudah menetapkan empat orang tersangka, yakni Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin, Herman, Eddi selaku penerima suap. Mereka disangkakan melanggar Pasal 12 huruf (a) atau Pasal 12 huruf (b) atau Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. Kemudian Suhandy selaku pemberi suap disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 UU Tipikor. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.