Hukum dan Kriminal

Link Live Streaming dan Jadwal Lengkap Harlah 1 Abad NU

Selasa, 07 Februari 2023 - 12:25
Link Live Streaming dan Jadwal Lengkap Harlah 1 Abad NU Kegiatan Harlah 1 Abad NU yang berlangsung di GOR Delta Sidoarjo, kabupaten Sidoarjo. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMES JAKARTA, SIDOARJO – Rangkaian acara 1 Abad NU menjadi momen penting bagi warga Nahdlatul Ulama. Perayaan yang berlangsung di Sidoarjo, Jawa Timur itu bisa disaksikan secara langsung dalam 24 jam nonstop.

Juru Bicara Panitia Puncak Resepsi 1 Abad NU H Rahmat Hidayat Pulungan menyampaikan pihaknya sudah memastikan koneksi internet berjalan lancar agar jemaah di luar stadion turut menikmati acara dengan khusyu dan khidmat.

Panitia 1 Abad NU juga telah menyiapkan 80 layar LED berukuran besar untuk warga NU yang berada di luar arena stadion GOR Detlta Sidoarjo, venue utama 1 Abad NU. 

Kegiatan-Harlah-1-Abad-NU-b.jpg

"Seluruh jamaah yang hadir tidak usah risau kami panitia telah siapkan 80 LED dengan fasilitas terbaik untuk melihat langsung semua proses resepsi 1 abad selama 24 jam," kata Rahmat melalui keterangan tertulisnya, Rabu (1/2/2023).

Link Live Streaming 1 Abad NU 2023

Rangkaian Puncak Resepsi 1 Abad NU 2023 dapat diakses dengan mudah. Melansir halaman NU Online, link live streaming 1 Abad NU 2023 di atas dapat diakses 24 jam nonstop dan sudah dapat diakses sejak dini hari tadi atau pukul 00.00 pada hari ini, Selasa (7/2/2023) hingga pukul 23.59 WIB di hari yang sama. 

Adapun cara mengakses link tersebut cukup dengan sekali klik.

Harlah 1 Abad NU 

Seperti diketahui, PBNU menggelar Resepsi Puncak Satu Abad NU, di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (7/2/2023). Acara ini digelar selama 24 jam nonstop yang diisi dengan berbagai program kegiatan menyambut Harlah ke-100 NU atau 1 Abad NU.

Presiden RI Jokowi juga menghadiri acara resepsi utama Nahdlatul Ulama (NU) Abad ke-1 di Sidoarjo, Jawa Timur, bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin, serta para menteri.

Seperti yang terlihat di YouTube NU Online pada Selasa (2 Juli 2023), Jokowi dan Ma'ruf disusul Iriana Jokowi dan Wuri Ma'ruf Amin. Kedatangan Jokowi disambut baik oleh Pemimpin PBNU Yahya Cholil Staquf.

Selain itu, Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-5 Republik Indonesia, dan Jusuf Kalla, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia, juga menghadiri resepsi pada acara NU Abad 1. Hadir juga istri Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid.

Selain itu, jajaran Banser juga termasuk para menteri tenaga kerja Jokowi, seperti Menteri BUMN Erick Thohir. Erick Thohir juga dikenal sebagai Ketua Panitia Peringatan 100 Tahun NU. Turut hadir Menteri Investasi RI Bahlil Lahadalia, Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas KSP Moeldoko.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, terus membaca ayat-ayat Al-Qur'an dan Shalawat bersama. 

Kegiatan-Harlah-1-Abad-NU-c.jpg

Tidak perlu khawatir bagi detikers yang sempat tertinggal dengan rangkaian acara sebelumnya. Berikut urutan rangkaian kegiatan yang akan berlangsung selama 24 jam pada Puncak Harlah 1 Abad NU 2023.

Jadwal Kegiatan Puncak Resepsi 1 Abad NU 2023

Ada sejumlah titik yang dipakai untuk menggelar puncak 1 Abad NU. Ketiga titik yang dimaksud adalah Panggung Parkir Timur Stadion, Panggung Outdoor, dan Indoor Stadion.

Panggung Parkir Timur Stadion
00.00-01.00 WIB: Lailatul Qiro'ah dipimpin oleh KH Mutawakkil 'Alallah dan Prof Dr KH Said Agil Husein Al Munawar.

01.00-02.00 WIB: Manaqib Syech Abdul Qadir Jaelani yang dipimpin oleh Mualana Syeikh As-Syarif Prof Dr Muhammad Fadhil Al-Jailani

02.00-03.00 WIB: Qiyamul Lail (Rhatib Al-Attas dan Asmaul Husna) dipimpin oleh KH R Ahmad Azaim Ibrahimy dan Al-Habib Lutfi bin Ahmad Al-Atlas.

03.00-04.00 WIB: Ijazah Qubro dipimpin oleh Al-Habib Muhammad Luthfi bin Yahya

04.00-05.00 WIB: Sholat Subuh berjamaah yang dipimpin oleh Al-Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf.

Panggung Outdoor
05.00-07.00 WIB: Sholawatan yang dipimpin Al Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf

Indoor Stadion
05.00-06.00 WIB: Briefing kesiapan pelaksanaan acara, pembagian konsumsi VIP dan VVIP, serta verifikasi gelang akses masuk.

06.00-07.20 WIB: Pengecekan menyeluruh mulai gladi bersih konfigurasi gerakan dengan membentuk huruf 1 ABAD NU & NU DIGDAYA oleh peserta di area tribun, kedatangan para kyai, tamu, dan undangan khusus, persiapan live streaming dan registrasi peserta.

07.20-08.00 WIB: Istighosah Kubro, pembacaan puisi dan live streaming, kedatangan Presiden Jokowi dan ibu negara yang disambut Rais Aam (KH Miftachul Akhyar), Ketua Umum PBNU (KH Yahya Cholil Staquf) dan Ketua Panitia Harlah 1 Abad NU Erick Thohir.

08.00-08.15 WIB: Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Ya Lal Wathon, pembacaan ayat suci Al-Qur'an, dan laporan kegiatan oleh Ketua Panitia Harlah 1 Abad NU.

08.15-09.10 WIB: Sambutan dari Gubernur Jawa Timur, Iftitah Rais Aam KH Miftachul Akhyar, video perjalanan 1 abad NU, serta sambutan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf.

09.10-09.20 WIB: Penampilan marching band. Kemudian dilanjutkan dengan amanat Presiden Jokowi, pembacaan rekomendasi Muktamar Fiqih Peradaban oleh Ketua Umum PBNU, dan Ketua Umum PBNU memberikan penghargaan kepada Grand Syeikh Al-Azhar dan Sayyid Ahmad bin Muhammad Al Maliki.

Pada jam tersebut, Ketua Umum PBNU memberikan rekomendasi Muktamar Fiqih Peradaban kepada Presiden RI. Acara selanjutnya yakni Presiden, Rais Aam dan Ketua Umum PBNU meluncurkan (launching) Abad Kedua NU dengan memukul bedug digital.

09.50-10.15 WIB: Pertunjukan Tarian Peraga Banser, dan paduan suara yang membawakan Mars 1 Abad NU, kebyar-kebyar, Sholawat Asyghil dan Berkibarlah Benderaku.

10.15-10.30 WIB: Pembacaan doa dan presiden meninggalkan lokasi acara.

11.00-18.00 WIB: Karnaval nusantara di sepanjang Jalan Cokronegoro, Jalan Sultan Agung, Jalan Teuku Umar, Jalan Pahlawan.

Karnaval nusantara dimulai dari Pendopo Kabupaten Sidoarjo dan finish di Parkir Timur Stadion Delta Sidoarjo. Kemudian ada bazaar UMKM dengan aneka produk kuliner, merchandise, fashion, kriya, jasa, perusahaan dan banom. Lokasinya ada di 6 area seputar zonasi acara.

19.00-22.30 WIB: Hiburan di Indoor Stadion yang buka dengan lagu Indonesia Raya oleh Tohpati dan Dewa Bujana (personel Band Gigi). Kemudian menyanyikan lagu Serenade oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) dan dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia Harlah 1 Abad NU Erick Thohir dan Yenny Wahid, sambutan dari PBNU oleh Sekjen PBNU Saifullah Yusuf.

Acara hiburan puncak 1 Abad NU lainnya diisi oleh penampilan artis di antaranya, Maher Zein, Slank, dan Rhoma Irama, dengan dipandu Cak Lontong, hingga para komedian tersohor.(*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.