Hukum dan Kriminal

Tim Investigasi KNKT Ungkap Fakta Kecelakaan Tunggal Bus Pariwisata di Tol Sumo

Rabu, 18 Mei 2022 - 19:06
Tim Investigasi KNKT Ungkap Fakta Kecelakaan Tunggal Bus Pariwisata di Tol Sumo Ketua Sub Komite LLAJ KNKT, Ahmad Wildan selalu Ketua Tim Investigasi KNKT dalam kecelakaan tunggal bus Pariwisata PO Ardiansyah di KM 712.400/A Tol Surabaya-Mojokerto, Rabu (18/5/2022) (Foto: Thaoqid Nur/TIMES Indonesia)

TIMES JAKARTA, MOJOKERTO – Ketua Tim Investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) ungkap beberapa fakta terkait kecelakaan tunggal bus pariwisata di KM 712.400/A Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo).

Ketua Sub Komite Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) KNKT, Ahmad Wildan mengungkapkan bahwa hipotesa awal menghasilkan perlunya peningkatan sistem manajemen keselematan.

"Pembinaan dan pengawasan bus pariwisata ini perlu ditingkatkan lagi, karena kasus ini tidak hanya terjadi disini melainkan hampir terjadi di angkutan wisata," tegasnya.

Kecelakaan-Bus.jpg

"Di sana tidak ada jejak pengereman artinya ini bukan isu kendaraan, melainkan human (error)," sambungnya.

Ahmad Wildan mengungkapkan fakta terkini terkait kecelakaan bus PO Ardiansyah di KM 712.400/A Tol Sumo. Wildan mengungkapkan bahwa supir pengemudi bus adalah kenek, bukan supir cadangan.

"Dia bukan pengemudi, dia kenek dari tahun 2013. Cuman dia bisa bawa bis dan tak punya SIM," jelasnya.

Wildan mengungkapkan bahwa supir bukan dalam kondisi micro sleep, bisa jadi deep sleep. Tidur gelombang lambat, sering juga disebut tidur nyenyak, merupakan tahap tiga pada tidur non-REM.

"Ini bukan micro sleep kan micro sleep itu sesaat gitu ya, ini bisa jadi deep sleep dia. Karena dia tertidur lelap," jelasnya.

Data ini selaras dengan penjelasan supir pada saat ditanya tim Investigasi KNKT. "Jadi pada saat dia nabrak danreil dan segala macam itu dia gak kerasa. Sampai nabrak batu yang gede hingga banya pecah itu gak kerasa dia," jelasnya.

KNKT bakal rekomendasi beberapa hal

Pihak KNKT akan mengajukan beberapa rekomendasi. Pihak KNKT akan melayangkan surat rekomendasi kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), dan Pemerintah Daerah.

"Terkait active safety mencegah kecelakaan ini terjadi kembali. Bagaimana wisata kita, wisata berkeselamatan," ujarnya.

Selain itu, KNKT juga akan menerapkan pasive safety. Sebuah fitur keselematan untuk melindungi para penumpang saat kejadian kecelakaan terjadi. Maksudnya adalah teknologi keselamatan dalam passive safety ini baru akan berguna ketika kecelakaan sudah terjadi.

"Saat ini kita mengenal road safe hazard atau bahaya tepi jalan dan ini belum terpetakan dengan baik," tegasnya.

Pihaknya telah berkomunikasi dengan Direktorat Jenderal Lalu Lintas untuk dibuatkan pedoman atau manual bagaimana mengendalikan bahaya tepi jalan. Hal ini terkait dengan penataan pengamanan tepi bahu jalan.

"Di situ ada drainase terbuka dari beton, ada papan reklame, dan lain sebagainya itu akan kita atur. Jadi kami menyampah kepada kemenhub untuk mengatur ini," ujarnya.

Pihak KNKT juga mengungkapkan terkait dengan penanganan kecelakaan di luar negeri. Bahwa luar negeri telah berupaya untuk vision zero bukan zero accident.

"Di luar negeri bukan lagi zero accident, tetapi vision zero. Celaka gapapa yang penting jangan sampai meninggal. Hal itulah yang akan kita lakukan selama ini disamping mencegah hal itu terjadi," pungkasnya.

Sebelumnya, kecelakaan tunggal dialami bus Pariwisata Ardiansyah nopol S 7322 UW. Setidaknya 14 orang meninggal dunia, dan 19 lainnya mengalami luka-luka.

Bus Pariwisata ini merupakan rombongan wisatawan dari Benowo, Surabaya. Rombongan wisatawan ini sebelumnya berwisata di Dieng, Yogyakarta. Saat hendak perjalanan pulang, insiden tidak terhindarkan.

Polres Mojokerto Kota saat ini masih melakukan pemeriksaan terhadap supir terkait kecelakaan tunggal yang terjadi di tol Sumo ini.

Pewarta : Thaoqid Nur Hidayat
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.