Berita

Jubir AS Nanci Pelosi Kunjungi Taiwan, Tiongkok Meradang

Rabu, 03 Agustus 2022 - 08:51
Jubir AS Nanci Pelosi Kunjungi Taiwan, Tiongkok Meradang Nancy Pelosi saat berkunjung ke Taiwan. (Foto: tim media Pelosi/Twitter)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Kedatangan Nancy Pelosi, jubir kepresidenan AS ke Taiwan menjadi tanda tanya besar bagi dunia terutama Asia. Kedatangannya bahkan membuat Tiongkok meradang dan memberikan ancaman kepada Taiwan. Bahkan dilansir dari The Guardian kini mereka menggelar parade pasukan.

Pelosi tiba di Taiwan Selasa (2/8/2022) sekitar jam 22.45 waktu setempat dengan menggunakan pesawat kepresidenan. Bersama dengan para staffnya Pelosi yang memakai baju stelan jas berwarna pink dijemput oleh utusan pemerintah Taiwan di Bandara Shongshan, Taipei.

Beberapa hari sebelumnya Tiongkok sudah mulai melancarkan ancaman bahwa mereka akan melakukan latihan militer dengan Taiwan sebagai target jika Pelosi tetap bersikukuh melakukan kunjungan.

Mereka bahkan mengumumkan akan melakukan latihan tempur di wilayah laut timur Taiwan dan melakukan percobaan penembakan misil. Latihan tempur pun sudah di mulai pagi ini dan rencananya akan berlangsung hingga 4 hari mendatang.

Bahkan beberapa jam sebelum Pelosi datang media Tiongkok melaporkan negara tersebut mengirim 35 jet tempur mereka melintasi langit Taiwan. Namun pihak pemerintah Taiwan menangkal isu dan menganggapnya sebagai hoaks.

Perlakuan Tiongkok terhadap kunjungan Pelosi ini tak lepas dari anggapan negara Tirai Bambu tersebut bahwa Taiwan masih merupakan wilayah dari Tiongkok. Ditakutkan Pelosi akan menjadi kompor bagi Taiwan untuk melawan negara maju tersebut.

"Tujuan delegasi kami berkunjung ke Taiwan tak lain adalah untuk menghormati komitmen teguh Amerika (AS) untuk mendukung Demokrasi di Taiwan," ungkapnya melalui cuitan di Twitter.

Dirinya juga menegaskan bahwa kedatangannya hanya akan mendiskusikan kembali dukungan AS untuk untuk Taiwan. Pelosi juga mengungkap bahwa AS ingin meningkatkan kepentingan bersama termasuk memajukan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Sementara itu kunjungan Pelosi mendapat pro dan kontra dari warga Taiwan. Kunjungan perempuan yang menjadi tangan kanan Biden di AS ini sempat mendapat penolakan akibat warga yang takut akan ancaman dari Tiongkok. Namun sebagian besar warga juga menantikan kedatangannya dan bahkan mengumpat Tiongkok dalam poster yang mereka bawa. (*)

Pewarta : Khodijah Siti
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.