Wisata

Hati-hati, Mendekati Pohon Ini Kamu Bakal Didenda 70 Juta

Rabu, 03 Agustus 2022 - 03:55
Hati-hati, Mendekati Pohon Ini Kamu Bakal Didenda 70 Juta Redwood National Park, California. (Foto: Carmen Martinez Torron/Getty Images)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Pernahkah kamu memasuki hutan, melihat pohon kemudian didenda? Nah, di Redwood National ParkCalifornia terdapat sebuah pohon yang akan membuatmu didenda jika mendekatinya, hanya mendekatinya, belum lagi meyentuhnya.

Pohon ini adalah Hyperion, pohon yang dinyatakan oleh Guinness World Records sebagai pohon tertinggi di dunia. Hyperion merupakan pohon redwood dengan nama latin Sequoia sempervirens yang memiliki tinggi sekitar 116 meter. Pohon ini diperkirakan berumur 600 hingga 800 tahun.

Pemerintah lokal ingin melindungi Hyperion dengan cara melarang penduduk ataupun turis untuk mendekati pohon tersebut. Mereka menutup area hutan dan memberikan denda sebesar $5000 atau hampir setara 75 juta bagi mereka yang mendekati pohon tersebut.

Tak hanya denda bahkan mereka juga bisa dijatuhi hukuman penjara. Hal ini dilakukan karena maraknya illegal logong di sekitar daerah hutan Redwood. Bahkan hampir sekitar 95% jumlah pohon tua di hutan Redwood  musnah akibat penebangan liar.

Selain penebangan liar, banyaknya wisatawan asing dan lokal yang tertarik ingin menjadikan pohon ini sebagai latar foto mereka juga menjadi masalh tersendiri. Bahkan ada beberapa yang pernah mencoba memanjat pohon ini tanpa mempedulikan keselamatan mereka serta kelangsungan hidup pohon tersebut.

Dilansir dari Los Angeles Times petugas berwajib setempat mengungkap bahwa di daerah Hyperion tumbuh juga tak dapat ditemukan sinyal. Bahkan jjika terjadi kecelakaan atau kejadian tak terduga maka penyelamatan akan sangat sulit dilakukan dan tentunya akan terlambat.

Pohon sejenis Hyperion lazim tumbuh di sekitar hutan Redwood National Park California. Pohon ini mampu bertahan hidup hingga 200 juta tahun. Pohon ini dulunya rajin diabadikan tiap tahun hingga pada 2015 ekosistem dan pohon mulai menunjukkan kerusakan. (*)

Pewarta :
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.