https://jakarta.times.co.id/
Kopi TIMES

Mengembalikan Ikon Majalengka dan Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi

Senin, 11 Oktober 2021 - 17:13
Mengembalikan Ikon Majalengka dan Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi Letnan Kolonel Inf Andik Siswanto, S.I.P, M.I.pol, Dandim 0617/Majalengka.

TIMES JAKARTA, MAJALENGKA – Program Wangsa Syahitu Sugih Mukti' merupakan wujud dari visi dari Kabupaten Majalengka yang Religius Adil Harmonis Sejahtera (Raharja). Dimana cepat atau lambat Kabupaten Majalengka akan menjadi pintu gerbang Internasional.

Untuk menuju ke Indonesia pada umumnya dan Jawa Barat pada khususnya. Besar harapan kami, bahwa Kabupaten Majalengka tidak hanya menjadi daerah transit, namun bisa menjadi daerah tujuan. Potensi yang sangat dapat dikembangkan adalah sektor pariwisata. Begitu banyak keindahan alam yang dapat dikembangkan di wilayah Kabupaten Majalengka dan itu bisa menjadi daya tarik para wisatawan baik mancanegara maupun domestik. Disamping itu, pariwisata juga sangat erat hubungannya dengan kuliner.

Ada beberapa icon Kabupaten Majalengka yang dapat dan sudah dikenal. Diantaranya adalah Gedong Gincu, Kecap dan Ikan Gurame. Adapun Gedong Gincu dan Kecap biasanya dikembangkan oleh masyarakat menengah ke atas.

Sementara Gurame bisa dikembangkan di semua kalangan termasuk kalangan bawah sekalipun. Keberadaan ikan gurame di Kabupaten Majalengka pada saat ini sangat menurun drastis dan tidak dijadikan sebagai komoditi usaha dan kalau pun ada yang memelihara itu hanya sekedar memelihara tanpa perlakuan khusus (Pais Poho).

Sedangkan di wilayah Kabupaten Majalengka banyak penduduknya yang memiliki kolam, karena ketersediaan air yang cukup baik, namun tidak di kelola secara maksimal. Di sini kami dari Kodim 0617/Majalengka kembali terpanggil untuk mengembangkan budidaya Gurame dengan tujuan agar gurami bisa tampil kembali menjadi icon di kota berjuluk Angin ini.

Prorgram yang diberi nama "Wangsa Syahitu Sugih Mukti" tersebut, salah satu langkah terpenting kami adalah merubah pola pikir masyarakat yang memiliki kolam yang tadinya hanya sebagai 'Pais Poho' menjadi kolam produktif yang bisa meningkatkan perekonomian keluarga.

Saat ini kami pun sudah mulai mencetak benih-benih Gurame yang tujuannya untuk memudahkan masyarakat mendapatkan benih Gurame dan kami sekaligus akan mengadakan pelatihan dan pembinaan secara berkala.

Kami berharap dengan langkah langkah tersebut, sehingga dapat mengembalikan Gurami sebagai icon di Bumi Sindangkasih ini. Teknisnya, kami akan mencetak benih sebanyak - banyaknya dan menyebarkannya seluas-luasnya ke berbagai wilayah, khususnya di Kabupaten Majalengka, umumnya di Jawa Barat.

Selain itu, kami juga siap menampung Gurame pedagingnya. Dengan seperti ini kami optimis bahwa Ikan Gurami akan kembali menjadi icon di Kabupaten berjuluk Majalengka Exotic Sundaland tersebut.

Berikut Tujuan dari Program Wangsa Syahitu Sugih Mukti Kodim 0617/Majalengka:

1. Menggerakan partisipasi masyarakat desa secara sukarela dan bergotong royong sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD 1945.

2. Menjaring kelompok masyarakat secara partisipatif dalam pemberdayaan manusia pedesaan yang unik dan unggul

3. Mendorong kelompok masyarakat desa untuk berkiprah secara positif dan
terarah dalam kegiatan peningkatan taraf ekonomi masyarakat.

4. Mencapai taraf kehidupan masyarakat yang layak dan sejahtera secara terbina sesuai kearifan lokal budaya setempat.

5. Meraih eksistensi pemulihan ekonomi masyarakat yang kokoh, berdaya saing dan tangguh menghadapai kondisi perubahan global di masa pandemi.

Manfaat Program Wangsa Syahitu Sugih Mukti Kodim 0617/Majalengka:

1. Meningkatnya taraf penghasilan masyarakat desa di sektor ekonomi
dengan adanya pekerjaan profesi peternak ikan.

2. Menambah pendapatan keluarga selain bertani dan berkebun melalui pemanfaatan kolam-kolam ikan sederhana.

3. Menumbuh kembangkan ekonomi dan pangsa pasar ikan secara bersaing dan berkualitas.

4. Meningkatkan pendapatan asli masyarakat desa setempat.

5. Meraih cita-cita luhur ketahanan pangan sesuai adat dan tradisi desa setempat.

Keunggulan Benih Ikan Gurame Wangsa Syahitu Sugih Mukti

1. Pertumbuhan lebih cepat
2. Lebih tahan terhadap hawa penyakit yang diakibatkan oleh perubahan iklim dan cuaca. Seperti:

  • A. Jamur
  • B. Parasit
  • C. Bakteri
  • D. Virus

3. Mampu hidup di kondisi air tawar maupun payau
4. Mampu hidup di air mengalir maupun air diam
5. Rasa dan tekstur dagingnya enak dan gempal.

Itulah pembudidayaan ikan Gurame Wangsa Syahitu Sugih Mukti yang bertujuan mengembalikan Icon Majalengka dan pemulihan ekonomi di masa pandemi menuju kesejahteraan untuk mewujudkan bersama Kabupaten Majalengka yang Raharja dan Indonesia Maju.

Pembudidayaan Ikan Gurame Wangsa Syahitu Sugih Mukti yang merupakan binaan Kodim 0617/Majalengka sendiri beralamat di Blok Bledug Girang, Desa Kulur, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. (*)

***

*) Oleh: Letnan Kolonel Inf Andik Siswanto, S.I.P, M.I.pol, Dandim 0617/Majalengka

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

***

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

Pewarta :
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.