Kopi TIMES

Penampilan Penting dalam Mengajar Siswa

Kamis, 30 Maret 2023 - 10:21
Penampilan Penting dalam Mengajar Siswa Insa Yana br Tarigan.

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Penampilan adalah sesuatu yang kita lakukan dalam diri kita sendiri yaitu baik dalam bersikap, berpakaian,berjalan,berbicara dan sebagainya. Segala sesuatu cara yang kita lakukan sudah termasuk kedalam penampilan dan semua yang terlihat oleh mata termasuk dalam berpenampilan. Penampilan yang baik akan membuat kita lebih percaya diri dan kita terlihat lebih ramah dan sopan.

Ketika kita berpenampilan rapi orang atau siswa akan tertarik pada kita dan nyaman untuk dilihat. Orang tidak mudah bosan melihat kita dengan penampilan kita yang menarik baik itu siswa maupun teman kita yang ada didalam kantor. Saya pernah mengalami hal tentang penampilan seorang pengajar itu memang sangat berpengaruh pada ketertarikan siswa untuk memperhatikan guru yang sedang mengajar, pada waktu itu saya menjadi seorang siswa saya sering memperhatikan bagaimana penampilan guru yang mengajar dan bagaimana cara dia menyampaikan materi.

Itu memang sangat berpengaruh pada semangat siswa belajar. Setelah itu saya berpikir bahwa penampilan itu sangat  penting dalam mengajar.Guru yang mengajar dengan penampilan yang menarik akan membuat siswa segan melihat guru tersebut sedangkan apabila  ada guru yang kurang dalam penampilannya siswa tidak terlalu fokus bahkan mudah bosan dengan melihat guru tersebut karena kadang kita berpikir apa pun dia ajarkan tidak sesuai dengan tingkah laku yang  dia lakukan setiap harinya. 

Misalnya guru kita ini membuat peraturan setiap masuk kelas harus berpakaian rapi. Guru kita saja tidak terlalu rapi tentunya kita tidak terlalu rapi juga kerena yang membuat peraturan berpakaian rapi saja tidak memenuhi peraturan tersebut maka sebagai siswa tidak ada salahnya juga jika tidak terlalu rapi dalam berpakaian. Maka sebagai seorang pemimpin diharapkan memperhatikan Penampilan yang baik sebelum mengajar dikelas. Tetapi dalam berpenampilan juga kita sebaiknya melihat kondisi bagaimana sebaiknya dalam berpenampilan.

Maka kita sebagai seorang pengajar kita sangat perlu memperhatikan Penampilan sebelum mengajar untuk membuat ketertarikan siswa semangat belajar dengan penampilan pengajar yang tidak membosankan dan tidak hanya berpenampilan berpakaian saja, tetapi seorang guru juga perlu memperhatikan gaya berbicara kepada siswa supaya siswa mudah memahami apa yang sedang dijelaskan oleh guru tersebut.

Berjalan juga hal yang penting kita lakukan pada saat mengajar, ketika kita melakukan itu semua siswa yang sedang kita ajarkan akan memperhatikan dan bahkan meniru gaya gurunya bahwa bagi mereka itu sudah baik karena sudah menjadi seorang pengajar tentunya lebih tahu dan lebih paham mengenai hal-hal berpenampilan.

Sebagai siswa atau pun sebagai seorang tenaga pengajar kita memang perlu berpenampilan yang menarik tetapi, jangan salah kita menilai orang jangan hanya berpenampilan saja tetapi kita sebaiknya melihat juga bagaimana sikap dia dalam mengajar baik itu disekolah maupun dirumah. Karena hanya berpenampilan menarik saja  juga belum tentu orang tersebut baik atau bisa tidak. Kita juga jangan salah melihat siswa atau guru dengan cara penampilan nya ada baiknya juga kita memperhatikan kehidupan nya sehari-hari supaya kita tidak salah dalam menilai orang.

Marilah kita sebagai generasi-generasi pengajar kita ciptakan suasana yang indah, tidak membosankan, supaya kita layak disebut sebagai guru yang teladan serta memiliki sikap yang baik,  tidak hanya  dilihat dari pemikiran yang luas dan profesional saja tetapi juga tahu bagaimana cara berpenampilan yang menarik supaya menambah semangat siswa dalam belajar,  dengan mempunyai guru yang berpenampilan  menarik dan cara berbicara yang sopan.

Siswa akan semangat untuk mengikuti pembelajaran dan tidak mudah bosan. Pada saat kita berpenampilan yang baik dan menarik kita pun semakin percaya diri dengan diri kita dan kita pun terlihat lebih ramah dilihat oleh orang-orang.

***

*) Oleh :Insa Yana br Tarigan.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

Pewarta :
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.