https://jakarta.times.co.id/
News Commerce

Bantu Pengusaha UMKM Maju, Harmony Sediakan Teknologi Pembukuan

Minggu, 24 Oktober 2021 - 01:22
Bantu Pengusaha UMKM Maju, Harmony Sediakan Teknologi Pembukuan Harmony Accounting (FOTO: Humas Harmony)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Sejak masuknya era digital ini, ternyata pelaku UMKM harus bergerak maju terutama dalam menggunakan fasilitas teknologi yang ada. Proses bisnis saat ini bahkan sudah banyak yang meninggalkan cara lama karena dianggap kurang efektif termasuk dalam hal pembukuan.

Menurut PT. Harmoni Solusi Bisnis (Harmony) melihat bahwa aspek pembukuan merupakan aspek terakhir yang hingga saat ini belum ditangani oleh pengusaha kelas kecil-menengah dengan baik. Mereka masih menggunakan pembukuan dengan cara lama, yakni system manual yang ternyata justru menghalangi kinerja bagi pengusaha tersebut karena pembukuan ini sangatlah penting bagi pengusaha.

“Kami di Harmony percaya bahwa setiap pengusaha layak memiliki kebebasan dalam mengelola dan mengembangkan bisnis. Fokus seorang pengusaha seharusnya pada proses bisnis, bukan pada pembukuan. Akan tetapi, ini tidak berarti pembukuan tidak penting. Justru sebaliknya, karena itu penting maka bagaimana mungkin seorang pengusaha meluangkan banyak waktu untuk menanganinya? Apalagi pengusaha UMKM yang tidak memiliki staf admin,” ujar Andoko Chandra dalam pernyataannya mengenai aplikasi pembukuan yang perlu dimiliki pengusaha, Sabtu (23/10/2021).

Bahkan dirinya telah memberikan solusi berupa software pembukuan dengan teknologi yang sangat mudah diterapkan oleh siapa pun.

Solusi Pembukuan Anti Repot

P.T. Harmoni Solusi Bisnis (Harmony) merupakan perusahaan startup di bidang Finansial Teknologi yang berfokus pada pengembangan Software as a Service (SaaS) termasuk (tetapi tidak terbatas kepada) akuntansi, invoicing, dan sistem finansial yang memiliki 2 fitur utama, yaitu OneFeed dan OneBook. Keduanya sama-sama bekerja sebagai aplikasi pembukuan dan manajemen keuangan bisnis.

OneFeed adalah fitur yang membantu pengusaha dalam urusannya dengan perbankan salah satunya adalah rekonsiliasi bank. Perusahaan UMKM barangkali tidak banyak yang melakukan proses rekonsiliasi bank perusahaan/bisnisnya, padahal ini penting. Rekonsiliasi dengan pihak bank ini memiliki fungsi untuk menyamakan catatan transaksi antara bank dan perusahaan. Melalui rekonsiliasi, transaksi selama sebulan termasuk transaksi penjualan online atau e-commerce dapat dicocokkan dengan mudah tanpa melacaknya secara manual.

Sementara itu, OneBook adalah fitur kedua dari Harmony yang hadir sebagai buku induk segala catatan pembukuan. Melalui OneBook seluruh pencatatan terkait Invoice, laporan pemasukan-pengeluaran, perhitungan laba-rugi hingga laporan pajak mampu ditangani secara terpusat.

Fitur canggih OneBook  memungkinkan kerja sama tim perusahaan dalam satu aplikasi tanpa terpisah/terputus. Bahkan, fitur ini dapat digunakan lebih dari satu perusahaan atau bisnis sehingga seorang pengusaha yang memiliki banyak bisnis cukup memiliki satu aplikasi pembukuan saja.

Solusi Integrasi

Istilah SaaS atau Software as a Service tentu masih asing bagi banyak pengusaha kecil-menengah walaupun mereka sebenarnya telah menggunakan beberapa aplikasi berbasis SaaS. Harmony mengembangkan SaaS sebagai alternatif pembukuan online bagi pengusaha dengan berangkat dari fakta bahwa pelaku UMKM perlu didukung perkembangan bisnisnya. Apalagi di era teknologi digital yang serba cepat dan instan.

“Goal kami adalah menyediakan solusi berbasis teknologi finansial untuk menyelesaikan segala keperluan pembukuan dengan cepat, mudah, menyenangkan, dan terjangkau kepada setiap pemilik UMKM. Bahkan bagi yang ingin tahu tentang solusi tersebut juga bisa melihat di website resmi Harmony : https://www.harmony.co.id/,” tutup Andoko Chandra.

Untuk cara berintegrasi ke Harmony ternyata juga sangat mudah karena pengusaha dapat menghubungkan software pembukuan perusahaan ke Harmony dan kemudian setelah  itu dihubungkan fungsi-fungsi pembukuan yang ada di Harmony ke software perusahaan. Sistem ini telah dirancang sedemikian rupa agar mudah dan langsung diterapkan oleh para pelaku UMKM di Indonesia. (*) 

Pewarta : Joko Wiyono
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.