Olahraga

Kunjungi Sejumlah Tempat Olahraga di Kendal, Ini Pesan Menpora RI

Senin, 25 Oktober 2021 - 20:40
Kunjungi Sejumlah Tempat Olahraga di Kendal, Ini Pesan Menpora RI Menpora RI, Zainuddin Amali (kiri) saat memberikan bantuan peralatan olehraga kepada Bupati Kendal, Dico M Ganinduto (kanan) di Pendopo Kendal, Senin 25/10/2021 (Foto: Zamroni/TIMES Indonesia)

TIMES JAKARTA, KENDAL – Menteri Pemuda dan Olahraga RI (Menpora RI), Zainudddin Amali, kunjungi beberapa tempat olahraga di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah untuk memastikan sarana prasarana serta fasilitas olahraga di Kendal memadai, Senin (25/10/2021).

Selain mengunjungi tempat- tempat olahraga di Kendal, Menpora RI juga memberikan bantuan alat- alat olahraga.

Adapun tempat- tempat olahraga yang dikunjungi Menpora RI diantaranya yaitu, Tempat olahraga pacuan kuda (Santosa Stable) yang berada di Dusun Londoh Desa Leban Kecamatan Boja Kendal dan Stadion Utama Kebondalem serta stadion Putat Kendal.

Menpora 2

Dalam kesempatan itu, Menpora RI, Zainudddin Amali meminta kepada Bupati Kendal untuk bisa menata dan mengelola semua organisasi dan stakeholder bidang olahraga di Kendal lebih baik lagi, dengan tujuan agar semua fasilitas olahraga yang sudah ada bisa digunakan sesuai apa yang diharapkan.

"Tata kelola itu yang terpenting, jika tata kelolanya baik pasti prestasinya akan baik, jangan sampai ada penyelewengan dalam penggunaan alat maupun fasilitas olahraga, harus ada pengawasan dan bimbingan," pintanya.

Selain bidang olahraga, lanjut Menpora RI, bidang kepemudaan juga harus terus dikembangkan. Anak- anak muda yang tergabung dalam organisasi kepemudaan ke depan harus bisa mengikuti perkembangan zaman dan bisa lebih berkontribusi kepada Pemerintah Daerah.

"Ini merupakan tantangan bagi organisasi- organisasi kepemudaan di Kendal, bagaimana caranya agar pemuda- pemuda di Kendal ini tidak lagi mengunakan pola- pola lama atau dahulu, pemuda saat ini harus bisa berkembang dan mengikuti perkembangan zaman di era digital," ucapnya.

"Karena sekarang zamannya era 4.0, jadi pemuda-pemuda sekarang harus bisa mengikutinya perkembangan zaman. Kita akan terus dorong pemuda- pemuda agar jadi pemuda yang kreatif, inovasi dan mandiri, agar punya daya saing," lanjutnya.

Menurut dia, Kendal merupakan daerah yang banyak potensi- potensi yang bisa dikembangkan lebih baik lagi, termasuk potensi perindustrian dan pariwisata.

"Saya berharap potensi- potensi di Kendal bisa terus dikembangkan dan kami akan terus mendukung dan mensupport Pemkab Kendal dalam mengembangkan potensi- potensi itu. Saya selalu Menpora RI, tentunya akan merespons terkait olahraga dan kepemudaan. Saya berharap Bupati Kendal bisa konsentrasi dan fokus dalam bidang olahraga dan pariwisata, karena Kendal banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan lebih baik lagi," terangnya.

Menpora 3

Amali menjelaskan bahwa pihaknya akan mendorong dan mensupport daerah-daerah yang punya potensi olahraga sport tourism. Menurut dia, untuk mengembangkan olahraga dan pariwisata itu harus ada kolaborasi antara kedua- duanya.

"Kalau melihat potensi- potensi, Kendal harus bisa mengembangkan wisata olahraga sport tourism. Untuk lebih bisa mengoptimalkan dalam mengembangkan olahraga dan pariwisata, harus ada salah satu yang difokuskan dalam satu bidang, jangan sampai semua bidang olahraga diutamakan, misalnya yang diutamakan olahraga sport tourism ya harus fokus itu dulu," ucapnya.

Selain itu, agar lebih maju dan bisa berkembang, fasilitas dan keamanan serta kenyamanana juga harus diperhatikan juga.

"Semoga ke depan olahraga dan pariwisata serta industri di Kendal bisa lebih maju lagi. Dengan kekompakan semua stekholder dan jajarana Forkopimda Kendal, potensi-potensi di Kendal bisa dikembangkan lebih baik lagi," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, dengan kehadiran Menpora RI di Kendal, pihaknya berharap bisa menambah semangat dan memacu untuk bisa lebih berprestasi lagi.

Dico menjelaskan, pihaknya saat ini sedang fokus dalam pengembangan pariwisata dan olahraga sport tourism dan pihaknya akan mengolaborasikan antara pariwisata dan olahraga sport tourism itu.

Ada sekitar 1000 fasilitas olahraga di Kendal yang saat ini dikelola oleh BUMDes, karang taruna dan swasta. Selain itu ada empat tempat atau fasilitas olahraga di Kendal yang dikelola oleh Pemda Kendal, termasuk, Gor Bahurekso Kendal, Stadion Utama, Stadion Madia dan lapangan tenis.

Selain tempat dan fasilitas, Kendal juga punya 99 atlet berprestasi, baik di tingkat internasional maupun nasional. Saat ini pihaknya juga sedang fokus mengembangkan UMKM di Kendal, dia berharap dengan mengembangkan itu semua bisa mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kendal.

"Untuk pengembangan sport tourism itu meliputi, pengembangan jalur sepeda, aeromodelling dan paramotor, water sport ski, tempat pendakian, running track, equestrian,” tandasnya.

Selain itu, pihaknya juga lagi merencanakan pembangunan tempat- tempat olahraga seperti, Gor Bahurekso, realisasi Stadion Utama, wisma atlet, Stadion madya, gedung olahraga, yang kesemuanya itu rencana akan menelan anggaran puluhan miliar.

"Tanpa dukungan Pemerintah Pusat hal ini akan mustahil bisa terlaksana dalam jangka waktu dekat. Kami berharap ada dukungan dari Pemerintah pusat untuk merealisasi itu semua dan kami berharap semua bisa berjalan lancar dan bisa membawa olahraga di Kendal sampai di kancah internasional," ucap Bupati Kendal, saat menyambut kunjunganMenpora RI ke Kabupaten Kendal. (*)

Pewarta : Zamroni (MG-368)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.